User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Pertumbuhan akan penggunaan teknologi adalah keniscayaan saat ini. Hariyadi Sukamdani Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia menyampaikan Indonesia akan mengalami kekurangan tenaga Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang teknologi pada 2030. 

Hal ini berdasarkan data yang menjelaskan bahwa di Tahun 2030 terjadi lonjakan yang sangat tinggi untuk kebutuhan tenga kerja IT. Bicara soal populasi, Indonesia memiliki jumlah sekitar 264 Juta orang dan 132,7 juta pengguna Internet, pengguna media sosial yang aktif 106 juta oragn dan pengguna ponsel aktif adalah 92 juta. Dan pertumbuhan ini akan terus bertambah. 

Tentu akan banyak masalah yang dihadapi Indonesia untuk tetap bersaing di Dunia Internasional. Maka itu dibutuhkan suatu kebijakan, ataupun program untuk memberikan pelatihan bagi masyarakat awam yang ingin belajar dengan dunia IT.

Program pelatihan dan pemagangan merupakan program pemerintah untuk mengeliminasi ketidak sesuaian antara lulusan Pendidikan formal dengan kebutuhan dunia Industri. 

Tentu demi berlangsungnya program tersebut tidak mungkin hanya dilakukan oleh pemerintah saja, diperlukan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang memiliki kebutuhan IT juga untuk menjalankan program tersebut.

Program LPK Cyber Indonesia

iNet melalui program CSRnya tepat kemarin tanggal 16 Oktober 2019 melakukan peresmian Program LPK Cyber Indonesia (Lembaga Peningkatan Kompetensi Cyber Indonesia). Dimana di program LPK Cyber ini menjadi salah satu Lembaga pertama yang memberikan pelatihan kerja di bidang IT, sekaligus memberikan penempatan langsung bagi para lulusannya.

Hal ini tentu disambut baik dari berbagai elemen masyarakat, terutama para orang tua yang akhirnya mengizinkan anak-anak mereka untuk mengikuti kegiatan LPK cyber ini.

Diacara peresmian ini pun juga didukung penuh oleh Pemerintah, Bersama pak Kunjung Masehat sebagai Sekretaris DIrektorat Jenderal Kemenaker (Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia) dan juga sebagai Chairman di Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Salah satu harapannya adalah melalui kegiatan LPK ini, mampu membantu pemerintah untuk menangani permasalahan penyerapan tenaga Kerja Profesional dalam bidang IT.

Kegiatan LPK

Layaknya kuliah pada umumnya LPK juga memiliki beberapa program-program pelajaran, dan tentu para peserta LPK pun bisa memilih fokus manakah yang ingin diambil. Untuk menunjang keahlian mereka. Ada tiga pelajaran untuk angkatan Pertama LPK Cyber Indonesia. Networking, Teknis & System Administrator, & Program Develop. Ketiga program tersebut menjadi sesuatu yang dibutuhkan di Dunia Digital, bahkan di ramalkan kebutuhan IT akan terus meningkat hingga 2030.

Kedepannya LPK Cyber akan terus mengembangkan system pembelajarannya ataupun fasilitas yang diberikan. Dan LPK Cyber akan terus menjadi bagian dan ikut andil dalam menghidupkan Kecerdasan Bangsa.

 

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Sebuah judul yang menggambarkan betap bermaknanya sebuah batik bagi bangsa Indonesia. Batik bukan hanya sekadar baju biasa dengan motif yang digunakan untuk sehari-hari. Tetapi, batik lebih dari pada itu.

Banyak makna yang coba disampaikan dari sebuah kain batik.

Sederhananya Batik merupakan kain putih atau biasa disebut dengan mori, dimana dikain tersebut sudah dilukiskan motif yang berasal dari cairan lilin malam. Alat yang digunakan untuk menulis pun berbeda daripada alat-alat biasanya. Canting Namanya.

Sejarah Batik

Batik sebenarnya telah hadir sejak berkembangnya Kerajaan Majapahit. Ada beberapa catatan menarik kalau kegiatan membatik ini sudah dilakukan sejak Zaman Kesultanan Mataram, lalu berlanjut pada zaman kasunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta. Teknik dalam membatik sudah dikenal lebih dari 1000 tahun, kemungkinan berasal dari Mesir Kuno dan Sumeria. Teknik batik pun meluas hingga negara-negara Afrika bagian barat, dan terus hingga ke Asia, dan ke Indonesia. Mungkin dulu batik lebih banyak digunakan oleh keluarga kerajaan saja.

Makna dan Nilai sebuah Batik

Sebuah kebanggan bagi bangsa kita, tepat 10 Tahun lalu UNESCO menjadikan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi. Hal ini dikarena nilai filosofi dari batik yang sangat tinggi. Jika kita kembali meruntut secara terminologi dan etimologi, batik berasal dari kata “mbat” (melempar) dan “titik”, yang berarti melempar titik berkali pada sebuah kain, dan dari sebuah titik itu pun menjadi ragam hias dengan nilai budaya tinggi hakikatnya mengandung tuntunan Kehidupan.

Motif dan Pola Batik.

Batik Motif Parang Rusak Barong, batik yang memiliki kerumitan dalam membuatnya merupakan kerumitan yang cukup tinggi, Batik motif ini diciptakan oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma yang dimana ketika bertapa di sepanjang jajaran pegunungan pesisir selatan Pulau Jawa yang tampak seperti pereng (tebing) berbaris, tempat tersebut pun dinamainya “parang”, karena salah satu tempat tersebut ada bagian  yang rusak, sehingga diberi nama “parang rusak”, untuk kata “barong” sendiri diambil dari sesuatu yang besar yang dianggap sebagai roh pelindung dan lambang dari kebaikan.

 

Sebuah makna yang cukup tinggi dari sebuah ukiran batik, Motif ini merupakan induk dari semua motif parang. kata “parang” juga bisa diartikan sebagai“Senjata”, melambangkan sebuah kekuatan dan kekuasaan.  Ke ekslusifan inilah yang menjadikan batik ini hanya digunakan oleh Raja. Makna yang tersirat adalah Raja ingin mengekspresikan pengalaman jiwanya menjadi seorang raja dengan berbagai tuganya, dan kesadarannya sebagai seorang manusia yang kecil di hadapan Sang Maha Pencipta sehingga harus selalu berhati-hati dan dapat mengendalikan dirinya.

Berikut ini motif batik tersebut.

Motif Wahyu Temurun  Motif yang juga memiliki makna yang terkandung didalam batik tersebut. Di dalam motif ini ada beberapa gambar yang terlihat cukup jelas. Ada mahkota, bunga-bunga, kemudian ayam jago, dan beberapa gambar lainnya.

Gambar mahkota yang merupakan symbol utama dari batik ini, memiliki filosofi yang menggambarkan pengharapan agar para pemakainnya untuk mendapatkan petunjuk, berkah, rahmat, dan anugerah yang berlimpah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Gambar bunga-bunga melambangkan tersebarnya semua kebaikan-kebaikan. Dan gambar-gambar yang lain pun sama melambangkan sebuah kebaikan dan arahan akan hidup.

Pada dasarnya pola-pola yang tercipta, garis dan titik yang akhirnya membentuk sebuah motif batik, berisikan doa-doa dan pengharapan tersendiri para ilahi.

Berikut motif batik Wahyu Temurun

Harapan 10 Tahun Hari Batik

Tepat bertepatan pada 2 Oktober 2019 ini menjadi salah satu peringatan hari batik yang ke 10 tahun, sebuah perjalanan Panjang yang dilakukan oleh para pengrajin batik untuk meyakinkan dunia akan perlunya pelestarian batik bagi bangsa Indonesia. UNESCO sendiri pun menjadikan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari rakyat Indonesia.

Dulu mungkin batik hanya digunakan oleh kalangan elit, ataupun raja-raja yang tinggal dunia keraton. Semenjak dinobatkannya batik sebagai warisan budaya oleh UNESCO akhirnya pertumbuhan dan penggunaan batik menjadi sesuatu barang yang digunakan oleh khalayak luas.

Saat ini Indonesia betul-betul kekurangan pengrajin yang menekuni kegiatan membatik. Hal ini dikarenakan membatik dianggap bukan pekerjaan yang keren dan menghasilkan banyak materi, bahkan fakta mengejutkannya, ada beberapa rumah pembatikan diJogja, Solo, pekalongan yang keturunannya tidak mau meneruskan usaha keluarganya.

Diharapkan kedepannya lewat hari batik ini tidak hanya sebagai keceriaan kita dalam memakai batik saja, melainkan ikut juga memaknai batik sebagai warisan budaya nenek moyang yang sangat indah dan penuh dengan makna dan filosofi.

 

 

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Yeay tak terasa acara sudah sehari berlalu. Tapi keseruan pun masih menyelimuti kegiatan Reuni Akbar Stikom Surabaya Minggu 15 September 2019. Kali ini inet kembali hadir menjadi bagian dari kesuksesan acara Reuni Akbar, setelah sebelumnya menjadi sponsorship di Acara Reuni Besar SMAN 2 Bandung.

Tidak kalah seru seperti di Bandung,

Kurang lebih sekitar 1000 alumni stikom Surabaya hadir memeriahkan acara tersebut.

Sapu Lidi

Sapu Lidi? Ya sapu lidi, sebuah konsep yang dibawah oleh panitia Reuni KASTI (Keluarga Alumni Stikom Surabaya). Kegiatan ini mengangkat filosofi Sapu Lidi, karena dengan Bersama kita bisa melakukan banyak hal positif dengan mudah.

Dengan semangat panitia dalam meramu acara ini, hingga akhirnya acara Reuni ini berjalan dengan baik. Lebih dari 1000 peserta Reuni hadir memenuhi Gedung Stikom yang berada di Jl. Raya Kedung Baruk 98 Surabaya.

Fakta Stikom

Di Artikel kali ini, inet coba membahas ada beberapa fakta keren dari Universitas ini. Sekadar informasi Stikom atau yang memiliki kepanjangan (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer) per tanggal 3 September kemarin melakukan perubahan nama. Saat ini Stikom, secara resmi merubah nama menjadi Universitas Dinamika.

Perubahan nama tersebut sejalan dengan harapan yang sedang dikejar oleh Stikom. Timnya meyakini bahwa kekuatan dan semangat untuk selalu bergerak terus tertanam di Undika. Salah satu harapan besarnya adalah Undika bisa dengan mudah beradaptasi dengan revolusi industry 4.0.

Ada hal menarik ada kampus ini, di kampus ini sebuah teknologi benar-benar dimanfaatkan sebagai salah satu alat untuk menunjang proses belajar dan mengajar di kampus. Berikut ini Hal menarik dari Undika

  1. KTM yang multifungsi

Jika kamu tahu apa itu KTM, Yaps Kartu Tanda Mahasiswa. Mungkin sebagian kampus KTM hanya berfungsi sebagai identitas diri sendiri. Jika bicara Undika. KTM tidak hanya berfungsi sebagai identitas diri, tetapi bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari membeli minum, parker, masuk keperpustakaan, sampai absensi cukup menggunakan KTM itu saja. Keren kan?

  1. Sistem Belajar Online (Brilian)

Sesuai Namanya, memang benar-benar brilian, Sistem Informasi Brilian ini memang dibuat sengaja untuk menunjang kemudahan mahasiswa untuk kegiatan belajar mengajar. Didalam system tersebut mahasiswa bisa belajar dan berdiskusi seperti di forum-forum pada umumnya. Dan system itu juga mahasiswa bisa mengupload tugas, dan juga pengumuman-penguman pun bisa ditayangkan di system brilian itu.

  1. Sertifikat Internasional

Stikom / Undika menjadi salah Universitas yang memiliki sertifikasi secara Internasional, hal ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mencari pengalaman kerja, secara otomatis kamu mendapatkan sertifikat dan diakui internasional. Berikut ini beberapa sertifikasi yang diadakan oleh Stikom/Undika.

  1. Oracle
  2. Microsoft
  3. Adobe
  4. Mikrotik

Hal ini menjadi salah satu cara Stikom / Undika untuk membantu para mahasiswanya untuk bersaing didunia kerja.

  1. Stikom Dreamspark

Salah satu keunggulan dari kampus ini adalah, stikom juga bekerja sama dengan beberapa perusahaan penyedia software dunia, seperti Microsoft ataupun Adobe. Hal ini menjadi salah satu cara memberantas kegiatan membajak aplikasi secara illegal. Hal ini pun meminimalisir penyebaran-penyebaran virus yang mungkin bisa merusak PC/Laptop mahasiswa.

Ke empat hal diatas menjadi keunggulan yang diberikan stikom dalam mempromosikan kampusnya. Penerapan IT yang memang langsung bisa dirasakan manfaatnya bagi mahasiswa, menjadikan stikom salah satu pilihan kampus IT yang patut untuk diperhitungkan.

Akhir Kata

Sebelum mengakhiri artikel ini, buat kamu-kamu yang sedang gundah gulana, menghadapi Internet yang lemot, kamu bisa chat kami ya. Silahkan kunjungi Instagram kami @inet.net.id

Atau bisa juga langsung cek “Live Chat” di kolom sebelah kanan bawah, isi sesuai kebutuhan internet yang kamu butuhkan. Atau kamu bisa menghubungi sales yang ada dikantor perwakilan kami. Atau klik link ini.

C
ek keseruan kami,

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Tahun Baru hijriah merupakan tahun baru yang dirayakan oleh seluruh umat Islam di penjuru dunia. Termasuk Indonesia, di Indonesia seringkali perayaan tahun baru dilaksanakan dengan berbagai macam kegiatan, Pawai Obor merupakan salah satu contoh tradisinya.

Ada makna mendalam dari perayaan Tahun Baru Islam ini. 1 Muharram ditandai dengan peristiwa besar berupa peristiwa Nabi Muhammad SAW hijrah dari kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Hal tersebut menjadikan sebuah penamaan kalender Islam.

Pada awalnya masyarakat Arab tidak menggunakan sistem Kalender untuk memperingati suatu peristiwa. Mereka hanya menggunakan sistem hari dan bulan. Hal tersebut dibuktikan dengan penyebutan tahun Gajah ketika kelahiran Nabi Muhammad SAW, disebut sebagai tahun gajah, ya karena memang masyarakat pada  masa itu tidak menggunakan angka dalam menentukan tahun .

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Masih terasa bagaimana serunya acara sabtu kemarin,

Yaa!!!!  Acara Reuni Besar SMAN 2 Bandung. Menjadi sebuah euphoria yang tak bisa dilupakan bagi para alumnus dari SMAN 2 tersebut. setelah bertahun-tahun mereka berpisah, kini dengan adanya kegiatan itu menjadi sebuah ajang melepas rindu. Tercipta keriangan karena bersua dengan teman-teman waktu sekolah dulu, mengenang kembali cerita-cerita lama dan berbagi kisah dari dulu hingga sekarang. Pertemuan ini pun setidaknya menghilangkan hiruk pikuk dan hingar bingar rutinitas keseharian.

Ada yang berbeda dari acara di 2019 ini, setelah lima kali berlangsng menggunakan nama “Reuni Akbar”, tahun ini berganti nama menjadi Reuni Besar. Ada hal berbeda yang dijanjikan panitia pada reuni kali ini.

CONTACT US

Ph. +62 21 299 66 900

Fax. +62 21 526 9587

support@inet.net.id

INET Head Office

Cyber 1 Building,

5th Floor Jl. Kuningan Barat No. 8

Jakarta 12710 – Indonesia