LPK Cyber Indonesia

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Pertumbuhan akan penggunaan teknologi adalah keniscayaan saat ini. Hariyadi Sukamdani Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia menyampaikan Indonesia akan mengalami kekurangan tenaga Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang teknologi pada 2030. 

Hal ini berdasarkan data yang menjelaskan bahwa di Tahun 2030 terjadi lonjakan yang sangat tinggi untuk kebutuhan tenga kerja IT. Bicara soal populasi, Indonesia memiliki jumlah sekitar 264 Juta orang dan 132,7 juta pengguna Internet, pengguna media sosial yang aktif 106 juta oragn dan pengguna ponsel aktif adalah 92 juta. Dan pertumbuhan ini akan terus bertambah. 

Tentu akan banyak masalah yang dihadapi Indonesia untuk tetap bersaing di Dunia Internasional. Maka itu dibutuhkan suatu kebijakan, ataupun program untuk memberikan pelatihan bagi masyarakat awam yang ingin belajar dengan dunia IT.

Program pelatihan dan pemagangan merupakan program pemerintah untuk mengeliminasi ketidak sesuaian antara lulusan Pendidikan formal dengan kebutuhan dunia Industri. 

Tentu demi berlangsungnya program tersebut tidak mungkin hanya dilakukan oleh pemerintah saja, diperlukan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang memiliki kebutuhan IT juga untuk menjalankan program tersebut.

Program LPK Cyber Indonesia

iNet melalui program CSRnya tepat kemarin tanggal 16 Oktober 2019 melakukan peresmian Program LPK Cyber Indonesia (Lembaga Peningkatan Kompetensi Cyber Indonesia). Dimana di program LPK Cyber ini menjadi salah satu Lembaga pertama yang memberikan pelatihan kerja di bidang IT, sekaligus memberikan penempatan langsung bagi para lulusannya.

Hal ini tentu disambut baik dari berbagai elemen masyarakat, terutama para orang tua yang akhirnya mengizinkan anak-anak mereka untuk mengikuti kegiatan LPK cyber ini.

Diacara peresmian ini pun juga didukung penuh oleh Pemerintah, Bersama pak Kunjung Masehat sebagai Sekretaris DIrektorat Jenderal Kemenaker (Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia) dan juga sebagai Chairman di Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Salah satu harapannya adalah melalui kegiatan LPK ini, mampu membantu pemerintah untuk menangani permasalahan penyerapan tenaga Kerja Profesional dalam bidang IT.

Kegiatan LPK

Layaknya kuliah pada umumnya LPK juga memiliki beberapa program-program pelajaran, dan tentu para peserta LPK pun bisa memilih fokus manakah yang ingin diambil. Untuk menunjang keahlian mereka. Ada tiga pelajaran untuk angkatan Pertama LPK Cyber Indonesia. Networking, Teknis & System Administrator, & Program Develop. Ketiga program tersebut menjadi sesuatu yang dibutuhkan di Dunia Digital, bahkan di ramalkan kebutuhan IT akan terus meningkat hingga 2030.

Kedepannya LPK Cyber akan terus mengembangkan system pembelajarannya ataupun fasilitas yang diberikan. Dan LPK Cyber akan terus menjadi bagian dan ikut andil dalam menghidupkan Kecerdasan Bangsa.

 

CONTACT US

Ph. +62 21 299 66 900

Fax. +62 21 526 9587

support@inet.net.id

INET Head Office

Cyber 1 Building,

5th Floor Jl. Kuningan Barat No. 8

Jakarta 12710 – Indonesia