User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Kemajuan teknologi saat ini menjadi kemajuan yang tercepat dalam sejarah Dunia. Bagaimana tidak? Mungkin memiliki sebuah halaman Website adalah sesuatu yang mewah, dan hanya kalangan tertentu saja yang bisa menggunakan Website. Tahukah kamu?

“ Pesatnya perkembangan teknologi Informasi menjadikan teknologi itu dekat dengan setiap insan manusia. Hal ini dikarenakan semakin mudahya informasi terserap oleh masing-masing individu. Dan dari individu itu lahir sebuah peradaban teknologi baru.”

Memiliki Website merupakan keinginan banyak orang, terutama para pengusaha atau pemilik Bisnis UMKM yang mencoba mengscaleup bisnis mereka. Dan saat ini jika kamu ingin membuat Website tidak sesulit pada masa itu yang membutuhkan kemampuan untuk mengerti Bahasa Pemrograman.

Saat ini dengan bantuan Content Management Website, dan dibantu dengan theme-theme baik yang gratis maupun berbayar akan sangat membantu kamu dalam membangun sebuah Website. Kita coba kupas secara tuntas Apa itu Website? Komponennya dan bagaimana mengoperasikan Website itu sendiri dan terakhir adalah bagaimana menghasilkan uang lewat Website.

Apa itu Website?

Website merupakan sekumpulan halaman-halaman yang didalamnya terdapat berbagai data baik itu teks, gambar atau Video, ataupun gabungan dari ketiganya yang dikenal dengan istilah “Domain” dan bisa diakses melalui internet yang terhubung secara luas melalui halaman depan (Homepage) menggunakan sebuah browser, untuk mengakses halaman domain tersebut dibutuhkan sebuah URL yang langsung mengakses lokasi dari Website itu sendiri.

Sebagai contohnya adalah jika kamu mengetikkan http://inet.net.id di kolom Url yang ada di browser kamu. Maka kamu akan diarahkan kehalaman utama website ini. Berikut ini kenampakannya?

Dan yang dimaksud dari sekumpulan halaman dalam sebuah website adalah halaman-halaman yang ada diwebsite selain dari halaman depan. Kamu bisa mengklik bagian diatas banner yang berisi informasi lain seperti about us, product, atau pun yang sejenis itu.

Bagaimana Perjalanan Website hingga saat ini?

Website pertama kali diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee pada akhir tahun 1980an dan kemudian diresmikan secara online tahun 1991.

Tujuan awal dari tim adalah untuk membuat sebuah website supaya lebih memudahkan para ilmuwan yang bekerja bersamanya ketika akan bertukar atau melakukan perubahan informasi.

Lalu bagaimana gambaran website pertama kali? Jika kamu ingin melihat kamu bisa cek link ini http://info.cern.ch/. Kamu bisa melihat beberapa pilihan yang terdapat beberapa pilihan. Kamu bisa memilih bagian “browser the First Website”. Disana ada bentuk website pertama kali dibuat.

Komponen-komponen Website

Terciptanya sebuah website tidak serta merta hanya jadi begitu saja, ada beberapa komponen yang harus disiapkan jika kita ingin membangun sebuah website, Hosting, Domain.  Sebenarnya ada beberapa komponen pendukung Website tetapi untuk memudahkan dalam memahaminya saya hanya menuliskan dua komponen saja. Karena ini yang paling mendasar.

  1. Domain (Nama)

Kamu memiliki nama? Tentu sejak lahir orang tua kamu mungkin sudah memberikan nama yang baik bagi kehidupan kamu. Nah domain merupakan nama yang akan menunjukan Website kamu. Contoh lebih mudah mana membaca 192.202.168.1 atau membaca www.namakamu.com?

Tentu kamu akan lebih mudah membaca yang kedua kan? Yang pertama adalah IP address, sedangkan yang kedua adalah Domain. Jadi menentukan nama domain untuk Website kamu merupakan suatu keharusan.

  1. Hosting

Tahukah kamu apa itu hosting? Jika belum kamu bisa cari tahu lebih lanjut lagi. Saya akan jelaskan apakah itu hosting secara sederhana. Pada dasarnya hosting adalah tempat penyimpanan. Dimana kita menyimpan semua data-data website mulai dari Gallery foto hingga akses user dan password website kamu. Tanpa hosting kamu akan kesulitan untuk menaruh website anda. Ada beberapa jenis hosting yang bisa kamu gunakan untuk membangun website idaman kamu.

Ada Self Hosting, ada Shared Hosting. Analoginya seperti sebuah bangunan adalah dengan self hosting kamu bisa mengotak-ngatik berbagai furniture, ruang utama¸dsb. Sedangkan untuk Shared  hosting ibarat kamu tinggal di petakan-petakan kos yang tidak sembarang kamu merubah-rubah sesuai dengan keinginan kamu.

Jadi gunakan selfhosted ya, untuk membangun website kamu. kamu bisa beli dengan partner kami yang sudah lama bekerja sama.

Beberapa Jenis Website

Website bisa dikategorikan menjadi beberapa hal, ada website yang digunakan untuk menggambarkan keadaan perusahaan, ada website yang digunakan untuk kegiatan jual beli, ataupun juga ada website yang digunakan untuk menceritakan keadaan pribadi.

Perbedaan-perbedaan ini tentu kedepannya akan menentukan langkah apa yang bisa diambil dalam melakukan perawatan Website itu sendiri.

  • Website Personal

Website personal adalah website yang sengaja dibuat untuk lebih memperkenalkan diri kita ke dunia luar, sebagian website personal juga menekankan personal branding. Tentang Siapa, dan apa yang didapat dengan mengunjungi website itu

Pertanyaan selanjutnya adalah, seberapa penting dalam membuat Website Personal? Semua kembali kepada masing-masing Indvidu, ada yang berasumsi bahwa dengan membangun website personal akan memudahkan kita dalam menampilkan portofolio diri, tetapi sebagian lagi mengatakan diri kita akan mudah dilihat banyak orang dan akan memiliki hidup yang terpantau oleh orang lain. (alasan ini menurut saya wajib ditinggal ya).

Sebenarnya ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan memiliki Website Personal. Maka dari itu rekomandasi saya adalah dengan memiliki Websiter Personal jauh lebih memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding yang lain.

  • Website Company Profile

Jika dilihat dari judulnya sudah cukup jelas, bahwa website Company Profile adalah website yang menggambarkan tentang profil sebuah perusahaan. Mulai dari Visi dan Misi hingga produk-produk yang disediakan oleh perusahaan itu sendiri.

Berdasarkan data yang didapatkan dari (APJII) pada tahun 2014 pengguna internet di Indonesia telah mencapai angka 88,1 juta. Ketika sebuah perusahaan belum memiliki Website Company Profile, maka secara tidak langsung perusahaan akan kehilangan berbagai peluang bisnis.

  • Website Toko Online

Siapa yang tidak tahu tentang Website berbasis toko online. Sebenarnya cukup banyak website yang menggunakan basis seperti toko Online. Tetapi, biasanya hanya beberapa yang memiliki nama besar. Sudah tahu kan brand-brand besar di Dunia Toko Online? Mereka semua  

  • Website Blog

Website yang satu ini adalah website yang cukup simple untuk dibuat, tidak ada hal-hal yang perlu dirumitkan untuk membuat website seperti ini. Yang terpenting untuk Website yang berbasis blog seperti ini adalah rajin untuk mengupdate atau memposting Artikel. Semakin rajin untuk mengupdate dan selalu memberikan sesuatu yang bermanfaat. Dan tentu karena menekankan kepada manfaat, dengan sendirinya pertumbuhan akan pembaca dari blog ini akan terus bertumbuh.

  • Forum

Forum adalah website yang yang difungsikan  untuk saling berkomunikasi antar seseorang di belahan dunia yang lain, yang dimana di tempat itu, diisi oleh orang-orang tertentu yang memiliki minat yang sama.

Manfaat Membuat Website

Berbicara soal manfaat, pada dasarnya ada cukup banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan website. Jika kamu adalah seorang Professional dengan menggunakan website, kamu bisa membangun reputasi Diri. Kemudian disisi lain website juga bisa menjadi sarana untuk menyalurkan hobi. Terutama untuk kamu yang menyukai kegiatan atau hobi tulis menulis. Untuk lebih lengkapnya adalah sebagai berikut

  1. Manfaat Website Bagi Personal

Nama kamu tentu akan mudah terindex di Google, ada banyak nama yang sama di Dunia ini, tetapi kekuatan nama bisa ditunjang jika kamu memiliki website. dari sisi Branding, kamu bisa menjual nama kamu (memperkenal) siapa kamu sebenarnya, dan produk apa yang kamu miliki, atau jasa apa yang kamu tawarkan

  1. Manfaat Website Bagi Perusahaan

Bagi sebuah perusahaan Website merupakan salah satu cara untuk mengedukasi Produk yang dimiliki perusahaan tersebut. Website ini biasanya dikategorikan sebagai jenis Website Company Profile

  1. Manfaat Website secara umum

Mencari informasi adalah kegiatan menarik bagi kebanyakan orang, baik itu informasi traveling, kursus, atau keahlian bidang tertentu. Dan untuk jenis website ini biasanya website yang berbasis Blog.

  1. Manfaat Website Membeli sesuatu.

Saat ini seringkali rasa malas untuk datang atau pergi kesuatu tempat untuk berbelanja dihinggapi para kaula muda, bahkan hingga orang tua mereka. Hal itu dikarenakan kemudahan informasi komunikasi dan teknologi sangatlah mudah. Setiap orang bisa membeli sesuatu hanya dari rumah. Website yang seperti ini merupakan website yang berbasis dari website E-commerce .

  1. Manfaat Website sebagai media diskusi.

Kamu memiliki masalah? Dan bingung untuk bertanya dimana? Dulu sebelum ditemukan teknologi secanggih ini. Untuk menanyakan sesuatu kita akan menghubungi atau bahkan mendatangi orang yang dianggap ahli. Saat ini, seringkali para ahli itu berkumpul di dalam suatu komuniitas untuk berbagi ilmu yang dimiliki. Dengan menggunakan Website yang berbasis Forum, itu akan memudahkan pengguna dalam mencari Informasi sesuai dengan hobi yang sudah ditekuni.

 Kesimpulan

Sudah paham kan “apa itu website?”. Pada dasarnya Website merupakan platform yang bisa digunakan untuk memperkenalkan baik bisnis, kegiatan, keahlian, atau bahkan hanya sekedar untuk menyalurkan hobi saja. Terlepas dari definisi website itu sendiri. Hal yang paling penting dari itu adalah tujuan membangun Website apa?, kemudian apa yang dilakukan untuk merawat Website itu sendiri.

Hingga pada akhirnya website yang kamu miliki bisa masuk halaman pertama google, dan akan meningkatkan konversi penjualan, ataupun mendatangkan traffic yang diinginkan. 

 

User Rating: 1 / 5

Star ActiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Perusahaan seperti apakah yang kamu dambakan saat ini? Bercita-cita bekerja disebuah perusahaan yang bonafid merupakan idaman bagi setiap orang. Apalagi buat kamu yang sudah merencanakan sejak dini kemana kamu menentukan karir kedepannya. Setiap tahunnya ada sekitar 2 juta angkatan kerja yang baru saju lulus dari bangku kuliah. Dan seringkali peserta yang terserap untuk bekerja disebuah perusahaan tidaklah sebanyak jumlah lulusan setiap tahunnya. Tentu sebuah kompetisi akan hadir untuk menentukan posisi dimana kamu akan bekerja.

Google sebuah perusahaan teknologi yang merajai Dunia. Siapa yang tidak mau terlibat untuk menjadi bagian dari Google? Hayo jawab siapa yang tidak mau??

Pasti mayoritas dari pembaca artikel ini memiliki keinginan untuk bekerja disana walaupun hanya terbesit. Jika kamu tidak memiliki cita-cita disana, mungkin kamu sudah menemukan yang tepat dalam memilih pekerjaan.

Kembali Google, perusahaan yang memiliki budaya perusahaan “Santai tapi Serius” artinya tidak ada aturan ketat tentang jam berapa datang ke kantor, menggunakan seragam apa kekantor, atau berbagai aturan yang justru mengukung kreatifitas . Semua diberikan secara bebas kepada para karyawan google, untuk menentukan kapan dan ingin menyelesaikan apa? Berkolaborasi dengan siapa dan seperti apa? Hanya itu mungkin hal-hal yang dibutuhkan bagi seorang karyawan.

Nah walaupun disisi lain tetap harus memperhatikan performance dalam bekerja.

Dalam artikel ini akan dibahas beberapa detail bagaimana proses yang bisa kamu lakukan untuk bisa menjadi bagian dari Google.

Proses Rekruitmen

Dalam proses pencarian karyawan, google menggunakan berbagai macam Teknik untuk mencari bakat-bakat terbaik dari seseorang yang ada di belahan dunia manapun. Jika kamu ingin mendaftar salah satu langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah kamu bisa mendaftar melalui link ini https://careers.google.com. Berikut ini merupakan tampilan halaman depan portal Career Google.

Untuk melihat apa saja yang sesuai pekerjaan kamu, kamu bisa mengklik tampilan Location atau How We Hire , disana akan didapat fitur filter untuk mencari sesuai dengan kategori pekerjaan atau wilayah yang kamu inginkan.

Kemudian akan ada banyak pilihan posisi sekaligus detail dari persyaratan yang harus dipenuhi. Jika menurut kamu pekerjaan itu sudah sesuai dengan diri kamu, maka cukup mengklik tombol apply untuk mengisi beberapa form yang dibutuhkan.

Untuk gambar diatas adalah form yang bisa kamu isi untuk melamar posisi di Perusahaan Google. Bagian yang diberi kotak warna merah adalah bagian yang cukup penting untuk diperhatikan. Kita ditugaskan untuk mengirimkan satu resume hanya cukup 1 halaman yang menggambarkan diri kita dan pekerjaan yang kita lamar. Detail dari kebutuhan Resume itu bisa di buka di kolom FAQ, atau lihat gambar dibawah ini

Jika semua data sudah lengkap, baik dari resume dan data-data yang ditugaskan untuk di Isi di form, selanjutnya adalah tinggal menunggu proses rekrutmen itu berjalan.

Jika kamu layak untuk bekerja diperusahaan google, maka kamu akan dihubungi untuk wawancara melalui telepon, jika proses ini selesai dan kamu dinyatakan lolos proses selanjutnya adalah kamu diberi waktu 1 -2 bulan untuk mempersiapkan interview secara teknis. Cukup banyak yang menceritakan bahwa proses ini benar-benar melelahkan dan pertanyaan yang ditanyakan pun cukup sulit. Maka itu dibutuhkan energi serta pengetahuan yang luas untuk interview . dan berdasarkan riset Glassdoor dari 5.0 point maka google mendapatkan 3.4 Point, dan merupakan interview tersulit dari sebuah perusahaan teknologi ternama.

Berapa Rate Gaji bekerja di Google

Bicara soal Google, bicara soal Gaji juga ya…

Hal ini yang paling banyak ditanyakan. Berapa Rate Gaji di google. Sebenarnya saat ini tidak ada jumlah pasti yang bisa dijabarkan untuk poin ini. Tetapi, ada beberapa hal yang bisa kamu dapatkan dari informasi ini. Jika kamu magang, pendapatan yang bisa kamu bawa pulang adalah rata-rata mendapatkan 252.000 Dollar AS atau setara dengan Rp 3,36 milliar. Angka itu merupakan angka total yang dibawa pulang.

Untuk posisi tertentu pun juga bisa mendapatkan lebih dari nilai diatas. Untuk Senior Software Engineer mendapatkan pendapatan sekitar 312.000 Dollar AS atau setara dengan Rp 4,1 Milliar. Sementara untuk Rate Gaji terendah adalah Communication Manager sekitar 157.000 dollar AS atau Rp 2 Miliar. Walaupun terendah tetap saja angka yang fantastis bukan?

Jika kamu merasa itu terlalu tinggi masih ada yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti program Internship / Magang. Untuk rate Magang di Google itu sekitar 5678 Dollar atau setara 80 Juta perbulan.  Tetap saja angka yang menarik.

Ada yang minat??

Benefit apa yang akan didapatkan

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan kamu bekerja di Google. Berdasarkan cerita para googlers (Julukan Pekerja di google) ada 5 hal utama yang bisa didapat.

  • Makan dan Minum Gratis

Demi menunjang produktifitas, urusan perut yang satu ini sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari setiap individu, bahkan terkadang yang terjadi adalah tidak produktif karena alasan lapar. Googleplex tempat para pekerja google selain menyediakan makan siang, mereka juga menyediakan sarapan pagi dan makan malam. Hal ini dikarenakan kantor google jauh dari tempat-tempat restaurant.

Googleplex juga dilengkapi berbagai dapur-dapur kecil yagn menyediakan kopi, snack, dan minuman bagi para karyawan. Dapur-dapur itu ditempatkan berdekatan dengan ruang kerja karyawan.

  • Jaminan Kesehatan

Demi hidup yang sehat google juga betul-betul memperhatikan karyawannya. Salah satunya adalah menyediakan kolam renang dan tempat gym dilingkungan kantor Google. Untuk karyawan google yang memiliki masalah kesehatan pun bisa membuat janji dengan dokter yang siap di Googleplex.

  • Aturan main 80 / 20

Para pekerja google diberikan aturan 80 : 20, artinya para karyawan harus bekerja dengan memberikan totalitasnya sampai 80 % untuk waktu kerja di kantor untuk mengerjakan pekerjaan mereka. Dan meluangkan waktu 20% persen sisanya untuk mengerjakan proyek masing-masing. Artinya jika dalam seminggu, akan ada 1 hari penuh yang dapat mereka gunakan untuk mengerjakan proyek di luar pekerjaan utama mereka.

Google sendiri menyiapkan istilah Google Labs. Menurut Google, kebanyak teknologi canggih itu hadir dari proyek “sampingan” para karyawan dalam program 20%.

  • TechStop

adalah unit tech-support yang akan dijaga oleh para spesialis TI terbaik di Googleplex. Disana , para karyawan yang mendapat kesulitan berhubungan dengan Software dan Hardware bisa meminta pertolongan. TechStop buka 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Urusan TI sepele sekalipun akan dilayani di tempat ini, bahkan termasuk lupa membawa Charger laptop sekalipun.

  • Cuti melahirkan

Hal inilah yang paling unik. Mungkin bagi sebagian perusahaan secara umumnya memang ada cuti untuk karyawan yang melahirkan. Tapi akan sangat jarang perusahaan yang memberikan cuti bagi suami dari yang melahirkan tersebut.

Google memberikan program libur selama 6 minggu dan tetap di gaji, kepada googler laki-laki yang istrinya melahirkan. Dan memberikan jatah libur bagi googler perempuan untuk libur selama 18 minggu setelah sang anak lahir

  • Tunjangan Kematian

Google memberikan jaminan hingga karyawan itu meninggal dunia. Ketika ada karyawan google yang meninggal maka Google akan mencairkan asuransi jiwa karyawan tersebut dan memberikannya kepada keluarga yang ditinggalkan. Google juga akan membayarkan setengah dari gaji karyawan tersebut keapda suami/istrinya yang ditinggalkan hingga 10 tahun kedepan. Dan google juga memberikan kurang lebih sekitar 1000 dollar AS yang diberikan setiap bulan kepada anak-anak almarhum.

IndoGooglers adalah julukan yang diberikan bagi para pekerja yang bekerja digoogle MountView. Mereka seringkali memiliki segudang cerita mulai dari proses mereka untuk bekerja di Google, sampai hal-hal menarik selama mereka bekerja di Google. Dalam hal ini sengaja kami tidak menjabarkan disini. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca artikel di link ini.

Solusi jika kamu tidak bisa bekerja

Mungkin sebagian dari kita akan kecewa setelah perjuangan selama ini baik dari bangku Pendidikan hingga pertama kali terjun di Dunia yang sebenarnya (dunia kerja). Maka akan ada yang bahagia. Tetapi, disisi lain ada juga yang merasakan sedih. Perjuangan tidaklah semudah yang dituliskan dan tak seindah yang digambarkan.

Cukup banyak yang mencari tentang artikel “Cara bekerja di Kantor Google”, banyak juga yang menuliskan dan Bahasa lain, tetapi poinnya adalah sama. “Bekerja di Google”. Memang tidak selamanya sesuatu pekerjaan menyenangkan hanya bisa didapatkan dari Google saja. Karena pada dasarnya diluaran sana banyak perusahaan-perusahaan yang seperti google yang juga memiliki budaya perusahaan layaknya Google. Jadi bekerja di Google bukanlah sesuatu yang baku atau tujuan yang wajib dicapai. Karena poin terpenting dari ini semua adalah bagaimana proses kita bisa mendapatkan pekerjaan yang terbaik untuk kita sendiri. Jika ada pekerjaan yang memberikan layanan seperti Google. Anggaplah itu sebagai Bonus.

Nah yang menjadi masalah selanjutnya adalah bagaimana dan apa yang harus dilakukan untuk yang tidak bisa bekerja sama sekali. Kembali kebahasan paling awal. Dimana ada 2 Juta angkatan kerja yang lulus setiap tahunnya. Seringkali kelulusan itu kadang tidak dibarengi dengan pertumbuhan sebuah hardskill yang seringkali jauh dipertimbangkan oleh perusahaan.

User Rating: 1 / 5

Star ActiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Sudah sehari berlalu hari pahlawan dikenang oleh Masyarakat Indonesia. Bagaimana dihari itu, semua perjuangan yang dilakukan oleh Para Pahlawan akan terus ada dibenak masyarkat Indonesia. Dan akan tetap dilestarikan sebagai bagian dari bentuk apresiasi terhadap para Pahlawan yang sudah meMerdekakan Indonesia.

Tak terasa hari itu sudah berselang satu hari sejak penulisan artikel ini. Jika ditanya 

  • Apa itu hari pahlawan?
  • Apa makna hari pahlawan bagi kehidupanmu?
  • dan apa yang sudah kamu lakukan untuk negeri ini, sebagai tanda bukti bahwa kamu menghargai mereka sebagai pahlawan?

dan apa yang sudah kamu lakukan untuk negeri ini, sebagai tanda bukti bahwa kamu menghargai mereka sebagai pahlawan??

Tiga pertanyaan diatas adalah pertanyaan umum, yang mungkin kamu akan menjawab dengan berbagai pendapatan. Jika diruntut sejarahnya Hari Pahlawan ini diidentikan dengan peristiwa pada tanggal 10 November 1945 dimana pada masa itu terjadi perlawanan warga Surabaya yang dipimpin oleh Bung Tomo untuk mengusir para penjajah.

Mungkin sebagian akan berpendapat bahwa masing-masing dari individu harus mengikuti jejak para pahlawan, berjuang untuk menumpas semua penjajahan. Tetapi, Makna dari hari pahlawan kali ini seharusnya diartikan berbeda. Memperingati hari pahlawan ditujukan sebagai hari dimana kita meneruskan perjuangan pahlawan dengan konsep yang baru, konsep yang lebih kekinian, dan konsep yang membangun sebuah peradaban.

Maka dari itu perlunya dimaknai hari pahlawan sebagai hari kita berjuang untuk memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Memberikan manfaat bagi tumbuhnya kemajuan suatu negara.

Tahukah kamu Manfaat apa yang bisa diberikan Negara?

Kali ini mimin coba share satu cerita tentang bagaimana perjalanan sebuah Layanan Internet bisa sampai di kamu. Dan kamu sampai detik ini bisa berselancar didunia maya tanpa hambatan sedikitpun.

Proses Internet sampai ke Smartphonemu

Kemudahan akses untuk saling berkomunikasi satu dengan yang lain adalah harapan bagi setiap manusia dijagat raya manapun. Ditambah lagi dengan semakin canggihnya gawai yang dimiliki setiap individu akhirnya semakin menunjang proses komunikasi yang cepat. Dulu sebuah pesan mungkin hanya bisa dikirim dengan menggunakan “ Surat Kabar “ atau dengan “ Burung Dara “. Saat ini tidak hanya pesan, bahkan secara langsung kita bisa melihat bagaimana orang terdekat kita melakukan kegiatan di tempat yang sangat jauh dari kita.

Hal itu tidak terlepas dari hadirnya jaringan Internet di kehidupan kita. Tahukah kamu bagaimana Internet itu hadir di smartphone yang kamu miliki?

Jika dilihat dari gambar diatas, sebuah jaringan dapat terhubung dengan satu sama lain adalah dengan terkoneksinya sebuah piringan besar ( VSAT ) sebagai pemancar/penerima jaringan dari Satellite Geostationary (satelit ini yang berfungsi sebagai penghubung antar VSAT di permukaan bumi. Dari VSAT jaringan tersebut akan diteruskan ke perangkat satellite modem dan diarahkan ke router dan dan akan dialirkan ke komputer masing-masing pengguna.

Metode kedua adalah dengan menggunakan hotspot (WIFI), Internet pada jaringan ini akan terhubung, jika kita dekat dengan Menara BTS (Base Transciever Station) yang dimana tower ini sebagai tower penguat dari pemancar sinyal seluler.

yang lain adalah sebuah Internet bisa terhubung dan terkoneksi dengan menggunakan kabel fiber, kabel fiber ini merupakan alat yang paling baik dalam mentransmisikan jaringan internet kerumah-rumah. Dan dianggap sebagai perangkat yang mampu tahan dari berbagai keadaan cuaca apapun. Tetapi seringkali proses menghubungan jaringan kabel fiber ini membutuhkan effort yang cukup melelahkan.

Pahlawan Fiber adalah Pahlawan Internetmu

Semua kenikmatan dan kemudahan yang kamu dapatkan seringkali tidak kita sadari, bagaimanakah proses yang dilakukan oleh penyedia layanan internet, demi kemudahan kamu menggunakan layanan Internet.

Seringkali jika terjadi masalah mungkin kamu akan mengkomplain, bahkan memaki penyedia layanan Internet dan mengatakan jaringan internet sangat buruk. Dan tidak luput juga makian yang kamu berikan bagi para pekerja yang sudah menyediakan layanan Internet bagi kamu.

Pahlawan Fiber

Pernahkah kamu melihat para penggali tanah yang berada dipinggir jalan. Ada beberapa proyek sejenis ini, ada beberapa proyek penggalian tanah ini yang sudah diinformasikan ditujukan untuk menggali Pipa-pipa Gas, pipa air, ataupun Kabel FO.

Seringkali ada wilayah yang belum terjangkau oleh kabel jaringan FO, dan tentu Internet yang belum tercover jaringan FO, akan memiliki koneksi yang lebih buruk dibanding wilayah yang sudah tercover Kabel FO. Maka dari itu dibutuhkan penggalian tanah, dan pemasangan Kabel FO untuk wilayah tertentu demi terjangkaunya jaringan Internet yang stabil. Tentu permasalahan yang terimbas dari hal ini adalah terjadinya kemacetan untuk daerah yang dilewati kabel tersebut.

Untuk wilayah Jakarta saat ini mungkin sudah hamper keseluruhan sudah memiliki Jaringan FO yang sangat baik. Tentu akan berbeda dengan wilayah-wilayah yang ada selain di Jakarta.

Pahlawan VSAT

Baca Juga : VSAT Technology, Apa VSAT itu?

Jika wilayah kamu jauh dari perkotaan, apalagi wilayah kamu dibagian-bagian yang jauh dari Ibukota, seperti Papua, NTB, atau wilayah timur dan tengah lainnya. Maka kabel FO saat ini belum bisa dikatakan mengcover wilayah tersebut. Walaupun saat ini pemerintah sudah dengan serius membangun jaringan PALAPA RING. Maka akan ada beberapa solusi yang diberikan oleh para penyedia layanan Internet. Adapun solusi tersebut adalah VSAT

Seringkali pemasangan sebuah VSAT seringkali tidak semudah yang dibayangkan. Banyak penyedia Internet yang menugaskan para karyawan untuk melakukan pemasangan diwilayah-wilayah yang jauh dari jangkauan perkotaan. Seringkali mereka perlu menaiki perahu kecil untuk sampai wilayah itu, dibutuhkan berhari-hari perjalanan dengan membawa perangkat yang cukup banyak. Belum lagi tantangan cuaca yang seringkali tidak bisa ditebak.

Ditambah lagi wilayahnya yang sangat pelosok akhirnya menyulitkan mereka untuk menghubungi keluarga Mereka yang mereka tinggal di Ibukota, atau kota-kota besar. Hal ini dikarenakan jaringan tersebut betul-betul belum memiliki jaringan Internet.

Kesimpulan

Perjalanan yang cukup Panjang dan melelahkan bagi terhubungnya sebuah jaringan Internet menjadikan kami sebagai penyedia layanan internet untuk terus melakukan inovasi dalam memberikan layanan bagi masyarakat, dan juga bagi para pekerja yang sudah mengorbankan Waktu, Tenaga, bahkan Biaya yang tidak sedikit utnuk sekadar bertahan hidup. Salah satu apresiasi dari Kami untuk para tim teknis terbaik yang kami miliki. Selamat Hari Pahlawan wahai pahlawan internetku. 

User Rating: 1 / 5

Star ActiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Saat ini Indonesia memiliki kemajuan yang cukup pesat, walaupun tetap berada di posisi yang tidak terlalu tinggi jika disandingkan dengan negara-negara maju lainnya. Indonesia berdasarkan hasil citra satelit pada tahun 2002 memberikan data sekitar 18.306 pulau tersebar diberbagai wilayah di Indonesia. Dengan usia produktif di Indonesia mencapai 60% dari populasi penduduk Indonesia, berdasarkan data BPS, menjelaskan bahwa pada tahun 2020. Usia Produktif penduduk Indonesi mencapai 185, 3 Juta jiwa. Tentu angka tersebut bukanlah angka yang bisa disepelekan. Pertumbuhan penduduk tentu akan berbanding lurus dengan kebutuan Teknologi, terutama masa seperti saat ini, dimana sebuah perdagangan Internasional terbuka,

Dengan latar belakang keadaan Indonesia yang memiliki wilayah kepulauan, terhubungnya komunikasi dari satu wilayah dengan wilayah yang lain tentu sangat dibutuhkan oleh penduduk Indonesia. Namun, saat ini yang masih sering menjadi permasalahan adalah keadaan Geografis Indonesia yang seringkali memiliki kesulitan untuk melakukan instalasi infrastruktur.

Kebutuhan akan internet lambat laun pun juga semakin banyak, Seperti yang dilansir dari data App Annie pada tahun 2018, menjelaskan bahwa terjadi peningkatan konsumsi data hingga 25%, dimana penggunaan data diatas 10 GB, dimana presentase sebelumnya adalah 12%. Kenaikan yang cukup cepat dengan rentan waktu hanya 1 Tahun, periode Oktober 2017 – Oktober 2018.

Sejarah perkembangan Internet

Melihat sejarah perkembangan Internet, mungkin dulu tidak secanggih saat ini. Berbagai kemudahan sudah kita terima dan tentu memberikan dampak yang baik untuk terjalinnya suatu komunikasi satu dengan yang lain.

Sebelum kehadiran internet saat ini ada beberapa metode yang digunakan oleh setiap individu untuk berkomunikasi satu dengan yang lain. Salah satu alat komunikasi pertama yang digunakan adalah Asap. Komunikasi asap merupakan metode komunikaisi tertua , yang perta kali digunakan pada tahun 200 Sebelum Mahesi (200MH). Teknologi sinyal asap ini pertama digunakan untuk mengirimkan pesan di Tembok Besar China.

Kemudian pada abad ke-12 Sultan dari Aleppo pertama kali menggunakan burung merpati untuk membawa sebuah pesan. Burung merpati juga digunakan pada masa Perang Dunia I & II.

Kemudian seiring perjalanan maka ditemukan lah Telegraf, Telegraf merupakan alat komunikasi pertama yang menggunakan sinyal elektrik. Cara kerjanya adalah dengan mengirimkan sinyal elektrik melalui kabel yang kemudian diterjemahkan menjadi pesan.

Pada masa abad ke 21 adalah masa-masa akhir kehadiran telegraf, kemudian selanjutnya perkembangannya pun adalah kehadiran telepon kabel. Telepon kabel banyak digunakan pada tahun 1950 dan satu orang hanya bisa melakukan satu panggilan dalam waktu yang sama.

Kabel telepon pun seiring perkembangnya memiliki kekurangan yaitu, kurang fleksibelnya. Akhirnya sejak tahun 1973 oleh Martin Cooper yang menemukan Telepon Genggam pertama. Telepon Genggam atau biasa dikenal dengan istilah (Handphone).

Seiring perkembangan alat komunikasi, perkembangan jaringanpun sejalan dengan pertumbuhan Komunikasi. Dulu kita mengenal istilah POP sebagai alat yang digunakan untuk mengirimkan jaringan ke perangkat-perangkat yang kita miliki. Kemudian ada jaringan fiber optik yang paling baik dari jaringan POP.

Jaringan fiber optik merupakan jaringan paling stabil saat ini, tetapi yang menjadi kelemahan dari jaringan fiber optik adalah harga infrastrukturnya yang mahal. Apalagi jika infrastruktur itu harus menghubungkan antar pulau.

Ada beberapa teknologi lain yang bisa digunakan untuk menghubungkan Internet satu sama lain.

Teknologi VSAT

Teknologi VSAT merupakan salah satu teknologi yang bisa menjadi solusi untuk menghubungkan jaringan Internet satu dengan yang lainnya. Mengingat keadaan geografis Indonesia yang kepulauan akhirnya membutuhkan teknologi yang cukup ringkas tapi mampu mengjangkau daerah paling ujung sekalipun.

VSAT adalah kependekan dari Very Small Aperture Terminal. Dimana yang memiliki arti sebagai stasiun penerima sinya dari satelit dengan antenna penerima yang berbentuk seperti piringan dengan diameter kurang dari tiga meter.

VSAT sendiri pertama kali mulai dikenalkan sejak tahun 1980 oleh Telecom General di Amerika.

Fungsi VSAT

Salah satu yang menjadi fungsi VSAT yang utama adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit,. Dan nanti satelit menjadi stasiun untuk meneruskan sinyal yang dikirimkan ke titik yang lain diatas bumi. Antenna VSAT itu sendiri dihadapkan kearah satelit yang berada diruang angkasa. VSAT ini dihadapkan kearah satelit geostasioner. Maksud dari satelit geostasioner adalah satelit yang berputar pada orbit geosinkron yang tepat berada pada ekuator Bumi. Jadi satelit ini selalu berada di tempat yang sama sejalan dengan perputaran bumi pada sumbunya yang dimungkinkan karena mengorbit pada titik yang sama diatas permukaan bumi. Maksudnya jika satelit berada di atas monas, ya tentu satelit itu akan tetap berada diatas satelit itu.

Jenis VSAT

Vsat dibedakan menjadi tiga bagian utama, dibedakan berdasarkan Band Spektrum, Berdasarkan layanan, Hardware VSAT

  • VSAT berdasarkan Band Spektrum

Vsat dibedakan menjadi dua bagian, yang pertama VSAT C-Band, dan VSAT Ku-Band.

Vsat CBand memiliki kelebihan dibanding dengan VSAT Ku-Band, karena VSAT jenis ini memiliki kehandalan terhadap perubahan cuaca dan Service Level Agreement (SLA) yang tinggi. Biasanya VSAT jenis ini sering digunakan untuk penerapan dalam bidang aplikasi perbankan, layanan darurat dan ERP.

Vsat Ku Band adalah jenis VSAT yang lebih kecil dari VSAT Cband, dan tentu harganya lebih terjangkau. VSAT jenis ini biasanya digunakan untuk kebutuhan Interent Rumah, Sekolah, Pedesaan (kantor Desa), Usaha Kecil Menengah (UKM), klinik, rumah sakit maupun berbagai jenis usaha lain.

  • VSAT berdasar layanan.

Vsat VPN , VSat VPN (Virtual Private Network) memberikan layanan yang digunakan di beberapa lokasi kantor atau situs dalam suatu organisasi dapat terhubung melalui suatu jaringan yang tertutup, meskipun berada di lokasi yang tersebar. Biasanya yang menggunakan layanan VSAT VPN adalah perbankan, pemerintah ataupun institusi yang membutuhkan keamanan yang cukup tinggi.

Vsat Internet Layanan ini merupakan layanan VSAT pada umumnya, layanan ini memungkinkan daerah atau lokasi yang tidak terjangkau jaringan kabel, fiber maupun seluler untuk mendapatkan layanan internet. Biasanya hal ini dikarenakan lokasi yang cukup jauh dari wilayah pusat kota, atau pusat sinyal.

Layanan ini biasanya memberikan bandwith sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan dengan pilihan akses unlimited ataupun dengan quota.

  • VSat berdasarkan Hardware atau Perangkatnya.

MVSAT  (Mobile VSAT), perangkat ini merupakan inovasi dari VSAT saat ini, teknologi yang digunakan adalah dengan menggunakan system antenna dengan fitur auto-pointing yang dapat dipasangkan di atas kendaraan bergerak, salah satu contoh yang digunakan adalah kendaraan Perbankan yang biasanya berada di Linkugan sekitar kita.

Tracking VSAT (auto track) pada dasarnya Vsat memang menjadi stasiun pemancar yang berada di Bumi, dan seringkali posisi yang dimiliki oleh satelit tidak selalu berada dalam kondisi yang stabil, apalagi keadaan ruang angkasa yang tidak bisa diprediksi, tentu akan ada pergeseran walaupun itu hanya sedikit. VSAT tracking ini akan tetap melakukan tembakan sinyal sesuai dengan keadaan Satelit berada, dan tentu hal ini akan sangat menjaga kondisi jaringan internet yang dibutuhkan oleh Anda

Komponen VSAT (Very Small Aperture Terminal)

  • Hub Stasiin

Hub Stasion adalah perangkat yang digunakan untuk mengontrol seluruh operasi jaringan komunikasi. Pada hub terdapat sebuah Server Network Management System (NMS) yang memberikan akses pada jaringan untuk memonitor dan mengontrol jaringan komunikasi melalui integrase Perangkat Keras dan Komponen perangkat Lunak.

 

Remote Stasion, Berbeda dengan Hub Stasion, remote stasion memelikiki beberapa komponen sebagai berikut.

  1. Outdoor Unit (ODU)
    1. Antenna
    2. Radio Frequency Transmitter (RFT), perangkat ini merupakan perangkat yang dipasang pada frame antenna dan dihubungkan secara internal ke Feedhorn.
      1. Low Noise Amplifier, (LNA) berfungsi memberikan penguatan sinyal yang dating dari satelit melalui antenna dengan noise-noise yang cukup rendah dan bandwiith yang lebar.
      2. Solid State Power Amplifier (SSPA) berfungsi memperkuat daya sehingga sinyal dapat dipancarkan pada jarak yang jauh. SSPA ini merupakan penguat akhir dalam rangkaian sisi pancar (transmit side) yang merupakan penguat daya
      3. UP/Down Converter perangkat ini dikemas dalam satu kemasan tetapi memiliki dua fungsi sebagai up converter dan down converter. Up Converter berfungsi untuk mengkonversi sinyal Intermediate Frequency (IF).
      4. LNB (Low Noise Block) untuk menerima sinyal satelit yang sangat lemah yang dikumpulkan pada titik focus Antena
      5. BUC (Block Up Converter) berfungsi menghantarkan sinyal informasi ke satelit. Juga sering disebut transmitter

Indoor Unit (IDU)

Semua komponen VSAT yang berada di posisi indoor dikenal dengan istilah IDU. IDU merupakan modem (modulator – demulator), yang befungsi sebagai berikut :

  1. Merubah atau memodulasikan sinyal baseband menjadi sinyal IF dan Merubah atau mendemodulasikan sinyal IF menjadi sinyal baseband.
  2. Menyediakan fungsi error correction dengan proses pengkodean yang sesuai.
  3. Meneyediakan fungsi antarmuka DCE dan DTE menggunakan interface data standar seperti V.35, RS232.

Manfaat VSAT & Kekurangan.

 Ada beberapa manfaat jika Anda menggunakan VSAT untuk kebutuhan Internet Anda.

  1. VSAT memiliki jangkauan yang sangat luas, bahkan ada beberapa data menjelaskan jangkauan terjauh adalah dapat mencapai setengah permukaan bumi karena menggunakan satelit GEO.
  2. Pemasangannya mudah, tidak serumit menarik kabel FO bawah tanah.
  3. Proses transmisi data pun cepat ( kalau tidak ada gangguan cuaca 

Selain memiliki kelebihan, VSAT juga memiliki beberapa kelamahan, berikut ini kelemahan jika Anda menggunakan VSAT.

  1. Penggunaan VSAT seringkali memakan tempat, karena besarnya ukuran Piringan yang menjadikan VSAT tidak Flexybel.
  2. Biaya Investasi perangkat keras dari VSAT masih sangat mahal
  3. Delay inherent, Cara kerja VSAT pada dasarnya dilakukan melalui dua kali pancaran, dari VSAT ke hub stasion dan dari HUB stasion ke VSAT yang dituju untuk satu kali pancaran dibutuhkan waktu 0,5 detik. Dengan demikian, komunikasi lewat jaringan VSAT ada delay inherent sebesar 0.5 detik. Oleh karena itu jika VSAT digunakan untuk komunikasi suara akan terasa lambatnya.
  4. Performasi teknologi VSAT terpengaruh pada beberapa hal, Seperti Cuaca, gelombang liar, dll.
  5. Koneksinya rentan terhadap gangguan cuaca.
  6. Latency (jeda waktu yang dibutuhkan dalam pengiriman paket data dari pengirim ke penerima jaringan). yang lebih tinggi dibandingkan kabel.

User Rating: 2 / 5

Star ActiveStar ActiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Mengenal Botnet, Virus Yang Membuat Komputer Kamu Jadi Seperti Zombie

DDoS atau Botnet merupakan salah satu jenis malware yang kini telah menjadi tindak kejahatan cyber yang cukup umum. Botnet pertama kali didasari keberadaannya di awal tahun 2007 ketika seorang remaja Kanada melakukan serangkaian serangan DDoS terhadap beberapa website terkenal seperti Yahoo, Etrade, eBay, Amazon dan Dell membanjiri server-server mereka dengan traffic data sampah hingga server mengalami crash. Bot yang berarti robot dan net yang berarti network, botnet ini biasanya menghantui komputer-komputer pengguna, melalui jaringan yang saling terhubung satu dengan yang lain.

CONTACT US

Ph. +62 21 299 66 900

Fax. +62 21 526 9587

support@inet.net.id

INET Head Office

Cyber 1 Building,

5th Floor Jl. Kuningan Barat No. 8

Jakarta 12710 – Indonesia