User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Sudah sehari berlalu hari pahlawan dikenang oleh Masyarakat Indonesia. Bagaimana dihari itu, semua perjuangan yang dilakukan oleh Para Pahlawan akan terus ada dibenak masyarkat Indonesia. Dan akan tetap dilestarikan sebagai bagian dari bentuk apresiasi terhadap para Pahlawan yang sudah meMerdekakan Indonesia.

Tak terasa hari itu sudah berselang satu hari sejak penulisan artikel ini. Jika ditanya 

  • Apa itu hari pahlawan?
  • Apa makna hari pahlawan bagi kehidupanmu?
  • dan apa yang sudah kamu lakukan untuk negeri ini, sebagai tanda bukti bahwa kamu menghargai mereka sebagai pahlawan?

dan apa yang sudah kamu lakukan untuk negeri ini, sebagai tanda bukti bahwa kamu menghargai mereka sebagai pahlawan??

Tiga pertanyaan diatas adalah pertanyaan umum, yang mungkin kamu akan menjawab dengan berbagai pendapatan. Jika diruntut sejarahnya Hari Pahlawan ini diidentikan dengan peristiwa pada tanggal 10 November 1945 dimana pada masa itu terjadi perlawanan warga Surabaya yang dipimpin oleh Bung Tomo untuk mengusir para penjajah.

Mungkin sebagian akan berpendapat bahwa masing-masing dari individu harus mengikuti jejak para pahlawan, berjuang untuk menumpas semua penjajahan. Tetapi, Makna dari hari pahlawan kali ini seharusnya diartikan berbeda. Memperingati hari pahlawan ditujukan sebagai hari dimana kita meneruskan perjuangan pahlawan dengan konsep yang baru, konsep yang lebih kekinian, dan konsep yang membangun sebuah peradaban.

Maka dari itu perlunya dimaknai hari pahlawan sebagai hari kita berjuang untuk memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Memberikan manfaat bagi tumbuhnya kemajuan suatu negara.

Tahukah kamu Manfaat apa yang bisa diberikan Negara?

Kali ini mimin coba share satu cerita tentang bagaimana perjalanan sebuah Layanan Internet bisa sampai di kamu. Dan kamu sampai detik ini bisa berselancar didunia maya tanpa hambatan sedikitpun.

Proses Internet sampai ke Smartphonemu

Kemudahan akses untuk saling berkomunikasi satu dengan yang lain adalah harapan bagi setiap manusia dijagat raya manapun. Ditambah lagi dengan semakin canggihnya gawai yang dimiliki setiap individu akhirnya semakin menunjang proses komunikasi yang cepat. Dulu sebuah pesan mungkin hanya bisa dikirim dengan menggunakan “ Surat Kabar “ atau dengan “ Burung Dara “. Saat ini tidak hanya pesan, bahkan secara langsung kita bisa melihat bagaimana orang terdekat kita melakukan kegiatan di tempat yang sangat jauh dari kita.

Hal itu tidak terlepas dari hadirnya jaringan Internet di kehidupan kita. Tahukah kamu bagaimana Internet itu hadir di smartphone yang kamu miliki?

Jika dilihat dari gambar diatas, sebuah jaringan dapat terhubung dengan satu sama lain adalah dengan terkoneksinya sebuah piringan besar ( VSAT ) sebagai pemancar/penerima jaringan dari Satellite Geostationary (satelit ini yang berfungsi sebagai penghubung antar VSAT di permukaan bumi. Dari VSAT jaringan tersebut akan diteruskan ke perangkat satellite modem dan diarahkan ke router dan dan akan dialirkan ke komputer masing-masing pengguna.

Metode kedua adalah dengan menggunakan hotspot (WIFI), Internet pada jaringan ini akan terhubung, jika kita dekat dengan Menara BTS (Base Transciever Station) yang dimana tower ini sebagai tower penguat dari pemancar sinyal seluler.

yang lain adalah sebuah Internet bisa terhubung dan terkoneksi dengan menggunakan kabel fiber, kabel fiber ini merupakan alat yang paling baik dalam mentransmisikan jaringan internet kerumah-rumah. Dan dianggap sebagai perangkat yang mampu tahan dari berbagai keadaan cuaca apapun. Tetapi seringkali proses menghubungan jaringan kabel fiber ini membutuhkan effort yang cukup melelahkan.

Pahlawan Fiber adalah Pahlawan Internetmu

Semua kenikmatan dan kemudahan yang kamu dapatkan seringkali tidak kita sadari, bagaimanakah proses yang dilakukan oleh penyedia layanan internet, demi kemudahan kamu menggunakan layanan Internet.

Seringkali jika terjadi masalah mungkin kamu akan mengkomplain, bahkan memaki penyedia layanan Internet dan mengatakan jaringan internet sangat buruk. Dan tidak luput juga makian yang kamu berikan bagi para pekerja yang sudah menyediakan layanan Internet bagi kamu.

Pahlawan Fiber

Pernahkah kamu melihat para penggali tanah yang berada dipinggir jalan. Ada beberapa proyek sejenis ini, ada beberapa proyek penggalian tanah ini yang sudah diinformasikan ditujukan untuk menggali Pipa-pipa Gas, pipa air, ataupun Kabel FO.

Seringkali ada wilayah yang belum terjangkau oleh kabel jaringan FO, dan tentu Internet yang belum tercover jaringan FO, akan memiliki koneksi yang lebih buruk dibanding wilayah yang sudah tercover Kabel FO. Maka dari itu dibutuhkan penggalian tanah, dan pemasangan Kabel FO untuk wilayah tertentu demi terjangkaunya jaringan Internet yang stabil. Tentu permasalahan yang terimbas dari hal ini adalah terjadinya kemacetan untuk daerah yang dilewati kabel tersebut.

Untuk wilayah Jakarta saat ini mungkin sudah hamper keseluruhan sudah memiliki Jaringan FO yang sangat baik. Tentu akan berbeda dengan wilayah-wilayah yang ada selain di Jakarta.

Pahlawan VSAT

Baca Juga : VSAT Technology, Apa VSAT itu?

Jika wilayah kamu jauh dari perkotaan, apalagi wilayah kamu dibagian-bagian yang jauh dari Ibukota, seperti Papua, NTB, atau wilayah timur dan tengah lainnya. Maka kabel FO saat ini belum bisa dikatakan mengcover wilayah tersebut. Walaupun saat ini pemerintah sudah dengan serius membangun jaringan PALAPA RING. Maka akan ada beberapa solusi yang diberikan oleh para penyedia layanan Internet. Adapun solusi tersebut adalah VSAT

Seringkali pemasangan sebuah VSAT seringkali tidak semudah yang dibayangkan. Banyak penyedia Internet yang menugaskan para karyawan untuk melakukan pemasangan diwilayah-wilayah yang jauh dari jangkauan perkotaan. Seringkali mereka perlu menaiki perahu kecil untuk sampai wilayah itu, dibutuhkan berhari-hari perjalanan dengan membawa perangkat yang cukup banyak. Belum lagi tantangan cuaca yang seringkali tidak bisa ditebak.

Ditambah lagi wilayahnya yang sangat pelosok akhirnya menyulitkan mereka untuk menghubungi keluarga Mereka yang mereka tinggal di Ibukota, atau kota-kota besar. Hal ini dikarenakan jaringan tersebut betul-betul belum memiliki jaringan Internet.

Kesimpulan

Perjalanan yang cukup Panjang dan melelahkan bagi terhubungnya sebuah jaringan Internet menjadikan kami sebagai penyedia layanan internet untuk terus melakukan inovasi dalam memberikan layanan bagi masyarakat, dan juga bagi para pekerja yang sudah mengorbankan Waktu, Tenaga, bahkan Biaya yang tidak sedikit utnuk sekadar bertahan hidup. Salah satu apresiasi dari Kami untuk para tim teknis terbaik yang kami miliki. Selamat Hari Pahlawan wahai pahlawan internetku. 

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Saat ini Indonesia memiliki kemajuan yang cukup pesat, walaupun tetap berada di posisi yang tidak terlalu tinggi jika disandingkan dengan negara-negara maju lainnya. Indonesia berdasarkan hasil citra satelit pada tahun 2002 memberikan data sekitar 18.306 pulau tersebar diberbagai wilayah di Indonesia. Dengan usia produktif di Indonesia mencapai 60% dari populasi penduduk Indonesia, berdasarkan data BPS, menjelaskan bahwa pada tahun 2020. Usia Produktif penduduk Indonesi mencapai 185, 3 Juta jiwa. Tentu angka tersebut bukanlah angka yang bisa disepelekan. Pertumbuhan penduduk tentu akan berbanding lurus dengan kebutuan Teknologi, terutama masa seperti saat ini, dimana sebuah perdagangan Internasional terbuka,

Dengan latar belakang keadaan Indonesia yang memiliki wilayah kepulauan, terhubungnya komunikasi dari satu wilayah dengan wilayah yang lain tentu sangat dibutuhkan oleh penduduk Indonesia. Namun, saat ini yang masih sering menjadi permasalahan adalah keadaan Geografis Indonesia yang seringkali memiliki kesulitan untuk melakukan instalasi infrastruktur.

Kebutuhan akan internet lambat laun pun juga semakin banyak, Seperti yang dilansir dari data App Annie pada tahun 2018, menjelaskan bahwa terjadi peningkatan konsumsi data hingga 25%, dimana penggunaan data diatas 10 GB, dimana presentase sebelumnya adalah 12%. Kenaikan yang cukup cepat dengan rentan waktu hanya 1 Tahun, periode Oktober 2017 – Oktober 2018.

Sejarah perkembangan Internet

Melihat sejarah perkembangan Internet, mungkin dulu tidak secanggih saat ini. Berbagai kemudahan sudah kita terima dan tentu memberikan dampak yang baik untuk terjalinnya suatu komunikasi satu dengan yang lain.

Sebelum kehadiran internet saat ini ada beberapa metode yang digunakan oleh setiap individu untuk berkomunikasi satu dengan yang lain. Salah satu alat komunikasi pertama yang digunakan adalah Asap. Komunikasi asap merupakan metode komunikaisi tertua , yang perta kali digunakan pada tahun 200 Sebelum Mahesi (200MH). Teknologi sinyal asap ini pertama digunakan untuk mengirimkan pesan di Tembok Besar China.

Kemudian pada abad ke-12 Sultan dari Aleppo pertama kali menggunakan burung merpati untuk membawa sebuah pesan. Burung merpati juga digunakan pada masa Perang Dunia I & II.

Kemudian seiring perjalanan maka ditemukan lah Telegraf, Telegraf merupakan alat komunikasi pertama yang menggunakan sinyal elektrik. Cara kerjanya adalah dengan mengirimkan sinyal elektrik melalui kabel yang kemudian diterjemahkan menjadi pesan.

Pada masa abad ke 21 adalah masa-masa akhir kehadiran telegraf, kemudian selanjutnya perkembangannya pun adalah kehadiran telepon kabel. Telepon kabel banyak digunakan pada tahun 1950 dan satu orang hanya bisa melakukan satu panggilan dalam waktu yang sama.

Kabel telepon pun seiring perkembangnya memiliki kekurangan yaitu, kurang fleksibelnya. Akhirnya sejak tahun 1973 oleh Martin Cooper yang menemukan Telepon Genggam pertama. Telepon Genggam atau biasa dikenal dengan istilah (Handphone).

Seiring perkembangan alat komunikasi, perkembangan jaringanpun sejalan dengan pertumbuhan Komunikasi. Dulu kita mengenal istilah POP sebagai alat yang digunakan untuk mengirimkan jaringan ke perangkat-perangkat yang kita miliki. Kemudian ada jaringan fiber optik yang paling baik dari jaringan POP.

Jaringan fiber optik merupakan jaringan paling stabil saat ini, tetapi yang menjadi kelemahan dari jaringan fiber optik adalah harga infrastrukturnya yang mahal. Apalagi jika infrastruktur itu harus menghubungkan antar pulau.

Ada beberapa teknologi lain yang bisa digunakan untuk menghubungkan Internet satu sama lain.

Teknologi VSAT

Teknologi VSAT merupakan salah satu teknologi yang bisa menjadi solusi untuk menghubungkan jaringan Internet satu dengan yang lainnya. Mengingat keadaan geografis Indonesia yang kepulauan akhirnya membutuhkan teknologi yang cukup ringkas tapi mampu mengjangkau daerah paling ujung sekalipun.

VSAT adalah kependekan dari Very Small Aperture Terminal. Dimana yang memiliki arti sebagai stasiun penerima sinya dari satelit dengan antenna penerima yang berbentuk seperti piringan dengan diameter kurang dari tiga meter.

VSAT sendiri pertama kali mulai dikenalkan sejak tahun 1980 oleh Telecom General di Amerika.

Fungsi VSAT

Salah satu yang menjadi fungsi VSAT yang utama adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit,. Dan nanti satelit menjadi stasiun untuk meneruskan sinyal yang dikirimkan ke titik yang lain diatas bumi. Antenna VSAT itu sendiri dihadapkan kearah satelit yang berada diruang angkasa. VSAT ini dihadapkan kearah satelit geostasioner. Maksud dari satelit geostasioner adalah satelit yang berputar pada orbit geosinkron yang tepat berada pada ekuator Bumi. Jadi satelit ini selalu berada di tempat yang sama sejalan dengan perputaran bumi pada sumbunya yang dimungkinkan karena mengorbit pada titik yang sama diatas permukaan bumi. Maksudnya jika satelit berada di atas monas, ya tentu satelit itu akan tetap berada diatas satelit itu.

Jenis VSAT

Vsat dibedakan menjadi tiga bagian utama, dibedakan berdasarkan Band Spektrum, Berdasarkan layanan, Hardware VSAT

  • VSAT berdasarkan Band Spektrum

Vsat dibedakan menjadi dua bagian, yang pertama VSAT C-Band, dan VSAT Ku-Band.

Vsat CBand memiliki kelebihan dibanding dengan VSAT Ku-Band, karena VSAT jenis ini memiliki kehandalan terhadap perubahan cuaca dan Service Level Agreement (SLA) yang tinggi. Biasanya VSAT jenis ini sering digunakan untuk penerapan dalam bidang aplikasi perbankan, layanan darurat dan ERP.

Vsat Ku Band adalah jenis VSAT yang lebih kecil dari VSAT Cband, dan tentu harganya lebih terjangkau. VSAT jenis ini biasanya digunakan untuk kebutuhan Interent Rumah, Sekolah, Pedesaan (kantor Desa), Usaha Kecil Menengah (UKM), klinik, rumah sakit maupun berbagai jenis usaha lain.

  • VSAT berdasar layanan.

Vsat VPN , VSat VPN (Virtual Private Network) memberikan layanan yang digunakan di beberapa lokasi kantor atau situs dalam suatu organisasi dapat terhubung melalui suatu jaringan yang tertutup, meskipun berada di lokasi yang tersebar. Biasanya yang menggunakan layanan VSAT VPN adalah perbankan, pemerintah ataupun institusi yang membutuhkan keamanan yang cukup tinggi.

Vsat Internet Layanan ini merupakan layanan VSAT pada umumnya, layanan ini memungkinkan daerah atau lokasi yang tidak terjangkau jaringan kabel, fiber maupun seluler untuk mendapatkan layanan internet. Biasanya hal ini dikarenakan lokasi yang cukup jauh dari wilayah pusat kota, atau pusat sinyal.

Layanan ini biasanya memberikan bandwith sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan dengan pilihan akses unlimited ataupun dengan quota.

  • VSat berdasarkan Hardware atau Perangkatnya.

MVSAT  (Mobile VSAT), perangkat ini merupakan inovasi dari VSAT saat ini, teknologi yang digunakan adalah dengan menggunakan system antenna dengan fitur auto-pointing yang dapat dipasangkan di atas kendaraan bergerak, salah satu contoh yang digunakan adalah kendaraan Perbankan yang biasanya berada di Linkugan sekitar kita.

Tracking VSAT (auto track) pada dasarnya Vsat memang menjadi stasiun pemancar yang berada di Bumi, dan seringkali posisi yang dimiliki oleh satelit tidak selalu berada dalam kondisi yang stabil, apalagi keadaan ruang angkasa yang tidak bisa diprediksi, tentu akan ada pergeseran walaupun itu hanya sedikit. VSAT tracking ini akan tetap melakukan tembakan sinyal sesuai dengan keadaan Satelit berada, dan tentu hal ini akan sangat menjaga kondisi jaringan internet yang dibutuhkan oleh Anda

Komponen VSAT (Very Small Aperture Terminal)

  • Hub Stasiin

Hub Stasion adalah perangkat yang digunakan untuk mengontrol seluruh operasi jaringan komunikasi. Pada hub terdapat sebuah Server Network Management System (NMS) yang memberikan akses pada jaringan untuk memonitor dan mengontrol jaringan komunikasi melalui integrase Perangkat Keras dan Komponen perangkat Lunak.

 

Remote Stasion, Berbeda dengan Hub Stasion, remote stasion memelikiki beberapa komponen sebagai berikut.

  1. Outdoor Unit (ODU)
    1. Antenna
    2. Radio Frequency Transmitter (RFT), perangkat ini merupakan perangkat yang dipasang pada frame antenna dan dihubungkan secara internal ke Feedhorn.
      1. Low Noise Amplifier, (LNA) berfungsi memberikan penguatan sinyal yang dating dari satelit melalui antenna dengan noise-noise yang cukup rendah dan bandwiith yang lebar.
      2. Solid State Power Amplifier (SSPA) berfungsi memperkuat daya sehingga sinyal dapat dipancarkan pada jarak yang jauh. SSPA ini merupakan penguat akhir dalam rangkaian sisi pancar (transmit side) yang merupakan penguat daya
      3. UP/Down Converter perangkat ini dikemas dalam satu kemasan tetapi memiliki dua fungsi sebagai up converter dan down converter. Up Converter berfungsi untuk mengkonversi sinyal Intermediate Frequency (IF).
      4. LNB (Low Noise Block) untuk menerima sinyal satelit yang sangat lemah yang dikumpulkan pada titik focus Antena
      5. BUC (Block Up Converter) berfungsi menghantarkan sinyal informasi ke satelit. Juga sering disebut transmitter

Indoor Unit (IDU)

Semua komponen VSAT yang berada di posisi indoor dikenal dengan istilah IDU. IDU merupakan modem (modulator – demulator), yang befungsi sebagai berikut :

  1. Merubah atau memodulasikan sinyal baseband menjadi sinyal IF dan Merubah atau mendemodulasikan sinyal IF menjadi sinyal baseband.
  2. Menyediakan fungsi error correction dengan proses pengkodean yang sesuai.
  3. Meneyediakan fungsi antarmuka DCE dan DTE menggunakan interface data standar seperti V.35, RS232.

Manfaat VSAT & Kekurangan.

 Ada beberapa manfaat jika Anda menggunakan VSAT untuk kebutuhan Internet Anda.

  1. VSAT memiliki jangkauan yang sangat luas, bahkan ada beberapa data menjelaskan jangkauan terjauh adalah dapat mencapai setengah permukaan bumi karena menggunakan satelit GEO.
  2. Pemasangannya mudah, tidak serumit menarik kabel FO bawah tanah.
  3. Proses transmisi data pun cepat ( kalau tidak ada gangguan cuaca 

Selain memiliki kelebihan, VSAT juga memiliki beberapa kelamahan, berikut ini kelemahan jika Anda menggunakan VSAT.

  1. Penggunaan VSAT seringkali memakan tempat, karena besarnya ukuran Piringan yang menjadikan VSAT tidak Flexybel.
  2. Biaya Investasi perangkat keras dari VSAT masih sangat mahal
  3. Delay inherent, Cara kerja VSAT pada dasarnya dilakukan melalui dua kali pancaran, dari VSAT ke hub stasion dan dari HUB stasion ke VSAT yang dituju untuk satu kali pancaran dibutuhkan waktu 0,5 detik. Dengan demikian, komunikasi lewat jaringan VSAT ada delay inherent sebesar 0.5 detik. Oleh karena itu jika VSAT digunakan untuk komunikasi suara akan terasa lambatnya.
  4. Performasi teknologi VSAT terpengaruh pada beberapa hal, Seperti Cuaca, gelombang liar, dll.
  5. Koneksinya rentan terhadap gangguan cuaca.
  6. Latency (jeda waktu yang dibutuhkan dalam pengiriman paket data dari pengirim ke penerima jaringan). yang lebih tinggi dibandingkan kabel.

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Mengenal Botnet, Virus Yang Membuat Komputer Kamu Jadi Seperti Zombie

DDoS atau Botnet merupakan salah satu jenis malware yang kini telah menjadi tindak kejahatan cyber yang cukup umum. Botnet pertama kali didasari keberadaannya di awal tahun 2007 ketika seorang remaja Kanada melakukan serangkaian serangan DDoS terhadap beberapa website terkenal seperti Yahoo, Etrade, eBay, Amazon dan Dell membanjiri server-server mereka dengan traffic data sampah hingga server mengalami crash. Bot yang berarti robot dan net yang berarti network, botnet ini biasanya menghantui komputer-komputer pengguna, melalui jaringan yang saling terhubung satu dengan yang lain.

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Selamat atas Terpilihnya kembali pak Presiden Jokowi – KH. Ma’ruf Amin periode 2019 – 2022, dan semoga apa yang diharapkan dari masyarakat bisa tercapai . 

Salah satu dari 5 Program utama pak presiden adalah Pembangunan Infrastruktur, hal ini ditujukan untuk mendukung aktivitas masyarakat, termasuk untuk mendukung pengembangan perekenomian dan kemudahaan aksesibilitas.

Salah satu infrastruktur yang coba dilakukan oleh pak Jokowi, adalah pembangunan Tol Langit Palapa Ring.

Peresmian Palapa Ring Oleh Presiden Joko Widodo

Pada tanggal 14 Oktober 2019, presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengenalkan tol langit Palapa Ring. Dalam pidato sambutannya yang digelar di Istana Negara, Jakarta, Presiden Jokowi menegaskan dunia saat ini sudah berubah dari era analog ke era digital. Menurutnya teknologi digital sudah menerobos Batasan jarak dan waktu. Oleh karena itu, internet yang cepat adalah sebuah bentuk keniscahyaan yang harus dihadirkan di seluruh wilayah di Indonesia. Dalam peresmiannya, Jokowi juga melakukan video konferensi dengan pejabat Pemda dari Merauke, Sorong, Rote, Penajam Paser Utara dan Sabang.

Palapa Ring sendiri merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat   optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 KM. Berdasarkan laporan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI), Kementrian Komunikasi dan Informatika Palapa Ring akan menghubungkan 57 daerah terluar, terdepan dan terpencil dengan internet pita lebar (broadband).

Penggabungan Satelit Palapa Ring Barat, Tengah, dan Timur ini akan menghadirkan internet cepat bagi 514 kabupaten/kota yang terbesar di berbagai wilayah Indonesia. Penggabungan ini di dasari karena tertinggalnya Indonesia dalam infrastruktur informasi dengan negara-negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia.

Pemerintah sendiri menggunakan skema pembayaran Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), sesuai yang tercantum dalam Peraturan Presiden (perpres) No. 38 tahun 2015. Konsep pembayaran ini menggunakan BOOT (Built Own Transfer) dan menerapkan skema pembayaran ketersediaan layanan atau availability payment (AP) yang diprakarsai Kementrian Keuangan. Dana AP sendiri berasal dari Dana Kontribusi Universal Service Obligation (USO).

Harapan Hadirnya Palapa Ring

Kehadiran Palapa Ring tentu akan menjadi motor penggerak hadirnya UKM-UKM atau Startup di wilayah timur Indonesia. Optimisme ini pun hadir dar berbagai kalangan, bahkan ada yang menyampaikan dengan adanya infrastruktur Information and Comunication Technologie (ICT) Papua tak lama lagi akan memiliki pusat Creative and Inovation Hub atau semacam Silicon Valley di wilayah itu.

Palapa Ring juga dimaksudkan agar para operator telekomunikasi mampu menyediakan layanan maksimal kepada masyarakat yang selama ini belum tersentuh seperti di Indonesia bagian timur. Operator diharapkan dapat memberikan kualitas layanan komunikasi setara dengan Pulau Jawa.

Strategi yang digunakan dalam penyediaan jaringan internet adalah dengan membangun infrastruktur sebanyak 4000 menara telekomunikasi (BTS) dan Satelit multifungsi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayawijaya Isak SF mengatakan rampungnya poryek Tol langit diharapkan dapat membantu ekonomi digital tumbuh dengan cepat. Termasuk salah satunya di Kabupaten Jayawijaya, Papua.

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Kamu sering berkunjung kesalah satu website ? Pernah tidak ya kamu merasa membuat website itu adalah pekerjaan yang rumit? Menurut kamu apa pendapatmu tentang gambar dibawah ini ??

Terlihat rumit bukan ?

Gambar diatas merupakan Bahasa pemograman yang digunakan untuk membuat sebuah Website, atau membuat sebuah sistem.

Tetapi, tunggu dulu, tidak semua Website dibuat harus menggunakan proses koding seperti gambar diatas, proses koding saat ini sudah digantikan dengan CMS (Content Management).

CMS ini memberikan kemudahan bagi siapapun yang ingin membuat sebuah Website, baik itu Website Jual Beli (Ecommerce), Website Company Profile, Blog Pribad, dll. CMS sendiri pun memiliki beragam jenisnya, mulai dari Magento, Joomla, CakePHP, Mambo, Zen Cart, Es Commerce, Drupal, Squarespace dan Wix. Dari beberapa CMS yang ada, sekitar 30% website di dunia menggunakan platform Wordpress. Bahasa Indonesia, juga merupakan Bahasa yang menduduki peringkat ketiga setelah Bahasa Inggris dan Spanyol. Hal ini menandakan bahwa pengguna dari Wordpress di Indonesia ini cukup banyak.

Tentu dengan banyaknya pengguna, maka untuk pengembangan-pengembangan dari Wordpress sendiri terbilang cepat dan semakin User Friendly. Bahkan sudah cukup banyak baik plugin ataupun komunitas pengembang Wordpress. Hal ini akan semakin mempermudah kita dalam membuat sebuah Website.

Di Artikel kali ini kita akan coba bahas detail tentang Apa itu cms Wordpress?? Bagaimana kegunaannya dan juga keunggulannya dibandingkan CMS sejenis lainnya.

Pengertian Wordpress

Apa itu Wordpress??

Wordpress merupakan salah satu platform yang sering digunakan untuk membangun sebuah website, atau blog portfolio pribadi. Platform wordpress ini pada dasarnya merupakan bagian dari Content Management System (CMS) yang paling banyak digunakan didunia ini.

Pada umumnya CMS adalah seperangkat alat lunak, atau admin menyebutnya dengan sebutan Platform, yang dimana platform ini memperbolehkan pemilik, editor, ataupun penulis sekalipun untuk mengelola website dan menerbitkan sebuah konten tanpa harus mengerti sebuah Bahasa pemograman.

Seperti gambar diatas tadi.  

Tetapi pada dasarnya minimal kita memahami beberapa Bahasa pemrograman minimal HTML atau CSS, jika kita ingin mempercantik tampilan dari Website yang kita miliki.

Kembali ke pembahasan, Wordpress menggunakan sistem PHP dan MySQL, yang dimana hal tersebut didukung oleh semua penyedia web hosting.

Kemudahan fitur-fitur yang dimiliki Wordpress akhirnya membantu Wordpress lebih cepat mendapatkan pengguna dibandingkan dari platform-platform CMS lainnya.

 

Sejarah Wordpress

Saat ini kita melihat bahwa wordpress sudah sangat User Friendly dan tidak seperti versi-versi awal kehadiran dari Wordpress sendiri. Lalu pertanyaan selanjutnya bagaimana penangkapan Wordpress pada masa merintisnya??

Perlu kita pahami bagaimana wordpress bisa hadir ditengah kehidupan kita.

Wordpress hadir dimulai karena terhentinya pengembangan software blogging B2/Cafeblog yang entah kenapa dihentikan oleh pengembang utamanya. Matt Mullenweg & Mike Little, 2 pengguna dari B2/Cafeblog pun mencoba untuk meneruskannya tetapi dengan wajah yang baru.

Tepat pada tanggal 27 May 2003, Matt mengumumkan ketersediaan Wordpress versi pertama. Hal tersebut diterima baik oleh khalayak luas. Versi pertama dari wordpress ini pun sudah memiliki tampilan admin, template baru, dan terintegrasi dengan sistem XHTML.1.1, dibawah ini merupakan penampakan pada masa itu :

 

Kemudian setahun berikutnya sekitar May tahun 2004 , Version 1.2 Wordpress pun hadir dengan plugin architecture. Fitur plugin ini berfungsi sebagai salah satu fitur tambahan untuk memudahkan pengguna atau development untuk melakukan penyesuaian fungsi dari Wordpress, dan tentu mereka bisa membagikan ke komunitas mereka .  

Pada masa itu pertumbuhan platform seperti Wordpress ini masih belum berkembang, maka dari itu  Wordpress memiliki keunggulan karena tidak memiliki pesaing.

Di February 2005 Wordpress hadir dengan fitur pagesnya, moderasi komen, template otomatis “theme Kubrick”, dan penyelesaian sistem theme baru. Di versi ini Matt mencoba membagi bagian sebuah page menjadi tiga, yaitu header, Body, Footer. Hal itu memudahkan penggunanya dalam mengatur satu bagian tanpa merubah bagian lainnya.

Di Desember 2005  Wordpress meluncurkan versi 2.0nya, yang ditampilkan pertama kali adalah sistem admin dashboard. Tampilan admin pada masa itu merupakan tampilan terlengkap yang dimiliki oleh Wordpress, dibandingkan versi-versi sebelumnya.

Pada versi 2.0 ini pun juga dibuat dengan hadirnya fitur “Akismet anti-spam plugin”.  Disisi lain juga ditahun ini Wordpress melakukan rilis fitur “functions.php file” untuk pertama kalinya.

Kemudian tepat pada tanggal 1 Maret 2006, Matt Mullenweg, mendaftarkan hak paten dari bisnisnya Wordpress, dan juga Logo dari Wordpress itu sendiri.

Perkembangan dari Wordpress ini terus berlanjut, buat yang ingin tahu bagaimana perkembangan mulai dari versi awal dan akhir saat ini, kamu bisa baca di artikel ini.

Mengapa Harus Wordpress??

Anda sudah paham cukup detail terkait apa itu Wordpress, kemudian bagaimana sejarah hadirnya wordpress, untuk di pembahasan yang ini ada 6 alasan kenapa kamu harus menggunakan Wordpres..

  1. Platform Wordpress Gratis
  2. Wordpress juga mudah dikustom dengan theme & Plugin
  3. Wordpress sendiri mudah digunakan
  4. Wordpress menyatukan semua tipe media
  5. Wordpress mudah untuk SEO
  6. Wordpress Safe & Secure. 

Ayo kita bahas satu persatu-satu.

  • Wordpress adalah Platform Open Source & tentu Gratis.

Kenapa gratis? Kita akan bahas detail diartikel lain. Tetapi, yang terpenting, siapapun bisa mendownload Wordpress secara langsung. Anda bisa menggunakan Wordpress baik itu install, use, ataupun memodifikasi sesuai kebutuhan Anda. Dengan wordpress apapun bisa kita buat. Dalam hal ini kami konsen terhadap pembahasan Wordpress.org

Perlu diingat

“ Biarpun Wordpress ini gratis, Anda juga tetap harus memiliki Nama Domain dan Web Hosting untuk menginstall software ini .” Nama Domain adalah alamat yang digunakan untuk mengakses website kita diInternet. Contohnya ketika mengetikkan nama “https://inet.net.id” ini merupakan  contoh dari nama domain. Web Hosting adalah tempat atau penyimpanan untuk menaruh file-file Web itu . Kami merekomendasikan untuk menggunakan Deltacloud.id utnuk mendapatkan penawaran terbaik terkai hosting.

  • Wordpres mudah dikustom

Mengkostum adalah hobi mayoritas orang Indonesia, termasuk dalam hal website, untuk membuat atau mengkostum baik dari sisi fitur ataupun tampilan Wordpress memudahkan kita dengan menggunakan sistem dari theme & plugin yang dimilikinya.

Theme berfungsi digunakan sebagai fitur untuk mempercantik tampilan dari Website. Sedangan Plugin fitur wordpress yang akan memudahkan pemilik website untuk menambah fitur dari Wordpress itu, seperti fitur ecommerce.

  • Wordpress sangat mudah digunakan 

Mengingat pengguna wordpress adalah terbesar di Dunia sekitar 30 % tentu berdampak kepada terbentuknya komunitas secara besar, dan akhirnya banyak yang membuat forum yang ditujukan memberikan kemudahan bagi anggotanya. Ditambah wordpress sendiri akan memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk mengupdate Wordpress jika memang ada update dari developer wordpress.

  • Wordpress menyatukan berbagai tipe media

Awal perkembangan wordpress, mungkin belum secanggih saat ini, dimana media yang digunakan tanpa menggunakan gambar. Hanya berupa text, saat ini wordpress hadir dan mampu menjadi sebuah media uploader. Anda bisa mengupdate foto media, Instagram photo, tweets dan bahkan Soundcloud Audio.

  • Wordpress memberikan kemudahan untuk SEO

Tahukah kamu SEO? Search Engine Optimization adalah salah satu metode membuat halaman website yang kita miliki bisa masuk dihalaman satu Google. Wordpress memberikan kemudahan bagi penggunanya jika ingin membuat konten dengan Teknik SEO, baik dari kemudahan membuat URL yang friendly, ataupun juga menyediakan plugin-plugin khusus SEO seperti Yoast SEO, All in SEO Pack.

  • Wordpress adalah platform yang cukup Aman

Wordpress sebenarnya memberikan jaminan keamanan sejak awal terbentuknya Wordpress, tetapi biarpun dianggap aman seringkali jika kita bicara dunia Internet. Internet merupakan dunia tanpa batas yang tentu membuat suatu halnya menjadi tidak pasti .

Diluaran sana mungkin akan ada banyak yang ingin melakukan peretasan website yang kita miliki. Ditambah lagi jika website tersebut adalah website yang vital seperti website pemerintahan.

Maka dari itu sebenarnya Wordpress memberikan keleluasaan bagi penggunanya dalam meningkatkan keamanan Websitenya. Banyak plugin seperti Wordfence, atau Sucuri yang berfungsi sebagai keamanan tambahan. Dan biasanya Anda juga bisa menambahkan keamanan dari penyedia hosting yang ada.

Kami merekomendasikan bagi Anda yang ingin mengoptimalkan keamanan Hosting yang Anda miliki. Silahkan kunjungi web Deltacloud.id

 

Wordpress.com VS Wordpress.org

Di sub pembahasan diatas, kami sudah menyinggung terkait tentang Wordpress.Org. Sebenarnya Wordpress memiliki dua layanan yang berbeda.

  1. wordpress.com
  2. wordpress.org

Wordpress.com

Wordpress.com adalah platform yang berbasis jasa Wordpress Hosting besutan Matt Mullenweg, sang pembuat Wordpress.org. Seringkali kita beranggapan Wordpress.com ini sama seperti Wordpress.org. padahal wordpress.com memiliki berbagai keterbatasan dalam mengoptimalkan Website yang kita miliki.

Wordpress.org

Wordpress.org pada dasarnya adalah layanan hosting pribadi, kita bisa mengatur apapun mulai dari tema, tulisan, jenis, hingga menambah kodingan dari wordpress itu sendiri. Bebas, dilakukan dari pemilik Website itu sendiri. Karena basis yang digunakannya adalah Self Hosted.  Ibarat sebuah bangunan Wordpress.org adalah sebuah rumah pribadi yang kita beli sendiri, kita berhak mengecat, menambah ruangan, merubah model, atau bahkan menjualnya sekalipun itu semua kita diberi kebebasan.

Tentu jika dilakukan sendiri kita perlu memiliki kemampuan konfigurasi, walaupun itu sekadar dasar saja.

Perbedaan dari Wordpress.com & Wordpress.Org

  • Theme

Wordpress.org memberikan berbagai kelebihan untuk mengoptimalkan website yang kita miliki, kita bebas melakukan modifikasi baik dari sisi theme web yang kita miliki. Sedangkan Wordpress.com memiliki keterbatasan dalam hal theme yang ingin kita modifkasi. Tentu ini akan berdampak terhadap keunggulan website yang kita miliki .

Jika Anda ingin mengganti theme di wordpress.com,  kamu bisa mengambil layanan dari Wordpress itu sendiri. Mulai dari 99$/tahun kamu sudah bisa menginstall theme walaupun itu terbatas, jika kamu ingin menginstall theme secara bebas, kamu bisa mengambil paket Business, paket itu sekitar 299$/tahun.

  • Plugin

Sama layaknya seperti theme, di wordpress.org kamu akan mendapatkan kemudahan untuk menginstall apapun plugin yang kamu butuhkan untuk fitur diwebsite kamu. Sedangkan Wordpress.com tetap memiliki keterbatasan, bahkan kamu tidak dapat melakukan apapun jika masih menggunakan fitur gratis dari wordpress.com.

Upgrade ke business package untuk mendapatkan akses menginstall plugin yang dibutuhkan.

  • Biaya Pengeluaran 

Jika kamu menggunakan wordpress.org kamu akan membutuhkan dua hal utama, yaitu domain, dan juga hosting. Dan itu biasanya memiliki biaya yang berbeda tergantung dimana kamu membeli kedua hal itu. Dan jika website yang kamu miliki, memiliki jumlah traffic yang tinggi, tentu kamu memerlukan VPS.

Sedangkan wordpress.com memberikan kemudahan diawal, karena untuk akun gratis, kamu akan mendapatkan kurang lebih 3 Gb untuk penyimpanan, dan juga domain yang kamu miliki bertambah kata “.wordpress.com”.

Dengan mengaktifkan paket personal seharga $36/tahun, kamu sudah bisa mengkostum nama domain, ataupun menghapus iklan bawaan dari wordpress.com itu sendiri.

Untuk mendapatkan akses lebih, kamu cukup dengan membayar $299/tahun,

  • Kebebasan memonetise iklan

Siapa yang tidak ingin memiliki tambahan uang jajan hanya sekadar mengambil jatah dari adsense. Tentu setiap dari kita ingin merasakan gajiannya adsense. Dengan menggunakan Wordpress.org kita akan dengan mendapatkan kemudahan untuk melakukan monetise, dan kamu bebas menggunakan layanan apapun itu. Dan tentu keuntungan 100% itu untuk kamu.

dan wordpress.com memberikan larangan untuk melakukan monetise iklan, kamu harus memenuhi 25000 pageview, jika kamu ingin melakukan monetise.

Jika menggunakan fitur premium dan Busines plan kamu akan mendapatkan akses untuk mengikuti program dari Wordpress itu sendiri. Yaitu WordAds, di program tersebut kamu mendapat bayaran, tetapi tidak 100% itu milk kamu, jadi kamu akan berbagi hasil dengan Wordpress

  • Fitur SEO

Masuk ke halaman 1 google adalah dambaan bagi yang memiliki website. Karena masuk halaman 1 memiliki peluang lebih banyak untuk mendapatkan pengunjung. Ketimbang di halaman-halaman berikutnya.

Wordpress.org memberikan kemudahan bagi kamu untuk menginstall plugin SEO yang tentu akan sangat memudahkan kamu sendiri dalam melakukan optimalisasi.

Wordpress.com tidak memberikan akses untuk kita melakukan Teknik SEO secara besar-besaran. Kamu bisa mendapatkan akses full hanya dengan membayar paket bisnis yang dimiliki wordpress itu sendiri.

  • Fitur Analytic

Lagi-lagi wordpress.org memiliki kemudahan akses untuk menambahkan fitur analytic seperti KissMetrics, MixPanel, dll. Sedangkan Wordpress.com  kamu tidak akan memiliki fitur analytic, untuk membuka fitur tersebut, cukup dengan berlangganan pake bulanan yang ditawarkan Wordpress.

  • Buat Toko Online

Wordpress.org kamu bisa sepenuhnya membuat berbagai jenis website, bahkan ecommerce sekalipun, akan jauh lebih mudah untuk membuatnya. Untuk Wordpress.com tidak ada layanan yang bisa digunakan untuk membuat Toko Online

  • Maintenance

Jika menggunakan Wordpress.org seluruh kebutuhan Website mulai dari backups, update, mengkontrol spam akan dilakukan secara sendiri. Dan kamu bebas kapanpun ingin melakukannya. Jika kamu menggunakan Wordpress.com kamu tidak perlu melakukan hal itu diatas, karena itu semua sudah dilakukan oleh staf dari wordpress.com itu sendiri.

 

Pada dasarnya pilihan kamu untuk memilih platform itu kembali kepada diri kamu, tetapi disini kami merekomendasikan untuk kamu untuk memilih platform wordpress yang mana. Dari beberapa hal diatas dapat disimpulkan bahwa wordpress.org lebih fleksibel ketimbang wordpress.com baik dari sisi manapun, walaupun dari sisi wordpress.com pun juga memiliki fitur yang terbuka jika kita membayar paket bisnis.

Jika kamu ingin membuat sebuah Wordpress, kami menyarankan untuk anda menggunakan Wordpress.org selain kefleksibelitasnya. Website yang anda miliki akan terlihat jauh lebih professional.

Website yang bisa dibuat dengan Wordpress

Kehadiran wordpress sudah sejak lama, menjadikan wordpress salah satu platform yang paling sering digunakan untuk membuat sebuah website. Berbagai jenis website pun cukup mudah dibuat jika menggunakan Wordpress.

Berikut ini adalah beberapa jenis website yang bisa kamu buat dengan Wordpress.

  • Web Bisnis

Dalam hal ini kita bisa ambil contoh beberapa web bisnis, biasanya website ini berisi tentang penjelasan dari sebuah perusahaan atau berisi edukasi sebuah produk. Website ini termasuk dalam jenis website Company Profile.

  • Website Toko Online

Pertumbuhan UMKM di Indonesia saat ini mengalami peningkatan yang cukup pesat, pola belanja masyarakat pun saat ini telah berubah. Dulu orang mungkin akan pergi ke sebuah toko atau mall, untuk membeli barang, saat ini tidak perlu repot-repot pergi keluar rumah. Cukup dengan buka layar handphone, pilih salah satu toko online. kita pilih barang yang kita mau, dan tunggu sampai barang itu sampai.  Sederhana bukan??

Website seperti itu biasa disebut dengan E-commerce, dengan wordpress kita bisa membuat website toko online.

  • Blog

Artikel yang sedang kamu baca ini merupakan salah satu bagian dari Blog, Blog adalah jenis website yang berisi konten-konten informatif untuk memudahkan kamu mencari sebuah tambahan ilmu pengetahuan atau bisa juga mencari sebuah inspirasi. Wordpress memberikan kemudahan jika kamu ingin membuat Website berbasis blog

  • Portfolio

Menampilkan portfolio adalah sebuah keharusan bagi setiap orang, salah satu sarana menampilkan sebuah hasil karya portfolio kita memerlukan sebuah media. Website merupakan salah satu media yang bisa digunakan untuk menampilkan portfolio adalah website. Kemudahan dalam penggunaan theme di Wordpress memberikan kita ruang untuk membuat sebuah website portfolio dengan menggunakan wordpress.

  • Forum

Forum adalah salah satu jenis website yang ada saat ini, forum ini biasanya digunakan untuk saling berdiskusi suatu tema atau topik pembicaraan, biasanya diawali sebuah posting, dan jika postingan menarik, setiap user bisa memberikan vote, dengan komen diskusi, untuk tetap berada diatas. Dengan wordpress, website seperti forum akan sangat mudah dibuat.

Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan Wordpress.org

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh wordpress.org adalah kamu bisa secara sepenuhnya menghandel website yang kamu miliki mulai dari memilih konsep website, hingga memilih theme apakah yang ingin kamu gunakan, memilih plugin yang berfungsi mengatur fitur-fitur yagn kamu butuhkan. Serta kamu bisa mendapatkan penghasilan dengan mendaftarkan Website yang kita miliki di Google Adsense, atau juga bisa didaftarkan di berbagai situs ads lainnya. Selain dengan adsense, jika pengunjung kamu cukup banyak, kamu juga bisa sambal berjualan produk yang sesuai dengan apa yang sejalan dengan kamu.

Kelebihan Wordpress.com

Wordpress.com merupakan platform yang memiliki keunggulan, karena gratis. Kita tidak perlu membeli hosting, karena hosting itu sudah disediakan oleh wordpress langsung, kita akan mendapatkan sekitar 3 GB untuk mengupload file-file yang dibutuhkan. Jika menggunakan versi premium kamu bisa mendapatkan beberapa.

Kelemahan Wordpress.org

Kemudahan dan kebebasan yang diberikan wordpress.org seringkali menjadi sebuah kesulitan tersendiri bagi pengguna awam. Ditambah kita memerlukan hosting sendiri, untuk mengelola website. Tentu karena hal tersebut, biaya yang dikeluarkan jadi lebih banyak. Ditambah lagi jika memerlukan theme premium untuk mengkostum website agar terlihat lebih cantik. Dan tidak dapat dimungkiri bahwa biaya yang dibutuhkan untuk sebuah theme pun juga cukup mahal.

Kelemahan Wordpress.com

Wordpress.com memang memberikan kemudahan layanan untuk kita tanpa perlu repot-repot menyediakan hosting, karena wordpress sendiri sudah menyediakan hosting sendiri. Tetapi ada beberapa kelemahan yang mungkin cukup membatasi pengguna untuk merubah sesuai keinginan yang dibutuhkan. Dari sisi theme, pada wordpress.com kita tidak bisa mengganti theme sesuai keinginan kita, apalagi jika kita merubah dari sisi html/css, dari sisi storage, penyimpanan yang diberikan kurang lebih 3 Gb, dengan jumlah seperti itu, akan sangat sedikit sekali, terkadang kebutuhan sebuah website yang banyak gambar membutuhkan sekitar puluhan Gb. Dari sisi kepemilikan, website yang kita miliki tidak sepenuhnya milik kita, karena tentu karena kita menumpang di hosting Wordpress, jadi sewaktu-waktu mudah saja bagi wordpress untuk menghapus website yang kita miliki.

Website yang menggunakan Wordpresss

Ada beberapa contoh website dunia yang menggunakan wordpress sebagai platform utamanya, berikut ini website yang menggunakan wordpress.

  • News.Microsoft

Microsoft News merupakan Website portal berita yang dikhususkan untuk pengguna Microsoft mencari informasi terkait perkembangan teknologi atau perkembangan Microsoft itu sendiri. Berikut ini tampilan halaman beranda Microsoft news.

  • Cpanel Blog

Cpanel merupakan halaman member yang memudahkan pengguna untuk mengoperasikan web hosting yang dimiliki pengguna. Mulai dari mengupdate atau membackup database. Segala tutorial yang ada perlukan untuk Cpanel, kamu cukup melihat di blog.cpanel.

  • Website Negara (Sweden)

Salah satu negara di Eropa menggunakan website sebagai media yang mengawasi dan mengontrol kinerja pemerintah. Web utama negara Sweden, menjadi salah satu website yang menggunakan wordpress sebagai platform utama di negerinya. Didalam web tersebut terdapat berbagai informasi yang bisa didapatkan.

  • Playstasion Blog

Playstation atau biasa dikenal dengan PS, mulai dari versi pertama hingga saat ini versi  ke 5, tentu kalau kamu gamer sejati, minimal kamu memiliki salah satu console tersebut. demi memanjakan dan memberikan informasi terkait update dari playstation, mereka membangun sebuah blog. Dimana blog yang dibuat menggunakan Wordpress.

  • Sony Music

Siapa tak suka denga music, saat ini banyak sekali website-website yang berisi kumpulan lagu, dimana hampir setiap hari selalu di kunjungi oleh penikmat-penikmat music. Uniknya lagi sebuah website database lagu, bisa dibuat hanya dengan menggunakan platform wordpress. Sony music merupakan salah satu contoh, platform penyedia music, dan blog berasa dari wordpress.

  • Star Warrs Official

Kehadiran star wars sangatlah dinantikan para fansbasenya , salah satu cara untuk lebih dekat dengan fanbase adalah dengan menggunakan website. Dari situ para fanbase akan mencari tahu tentang informasi terbaru dari apa yang digemarinya. Starwars memiliki salah satu website resminya. Sehingga informasi yang  beredar merupakan informasi valid. Starwars menggunakan platform Wordpress untuk websitenya.

Itulah 6 website besar yang menggunakan Wordpress sebagai platform untuk membuat website. Dan kesemua website itu pun memiliki tampilan-tampilan yang unik dan keren. DIbuat sesuai dengan kebutuhan akan target pasarnya. Buat kamu yang ingin membuat website/blog pribadi. Maka Wordpress merupakan pilihan yang tepat untuk kamu

Keamanan Wordpress

Kamu sering dengar kasus-kasus website pemerintahan diretas?

Di Indonesia sendiri sekelas website polri saja, masih bisa diretas oleh beberapa kelompok hacker di Indonesia. Bicara soal keamanan sebuah website, pada dasarnya tidak ada website yang benar-benar seratus persen aman. Seperti yang dilansir “ Sucury “ bahwa ada 3 CMS besar yang terinfeksi oleh hacker-hacker. Untuk lengkapnya bisa baca diblog sucuri

Ada data yang coba ditampilkan dari 60% kasus hacking dari CMS Wordpress ditahun 2016, mengalami penurunan hingga angka 39% di tahun 2017. Tetapi ketika terjadi peretasan, kebanyakan pemiliki situs masih menggunakan versi 3x, untuk kamu yang masih menggunakan wordpress 3. Maka segera update untuk menjaga website kamu dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Berdasarkan data WPScan, sekitar 74% dari kebocoran dikarenakan login di perangkat inti Wordpress. Dan permasalahannya adalah versi terbanyak yang mengalami bug ini ada di Wordpress. 3.x.

Namun sayangnya seperti yang dilansir Wordpress sendiri ada sekitar 62 % Situs Wordpress yang masih menggunakan versi 3.x, Tentu ini masih menjadi masalah yang serius bagi pemilik wordpress versi lama

Tim Keamanan dari Wordpress berusaha memberikan pekerjaan yang terbaik dengan cepat memperbaiki masalah dalam software Wordpress. Jika hal ini bisa diterapkan dengan segera oleh pengguna yang masih menggunakan versi lama dari Wordpress. Hal ini pun akan meminimalisir permasalahan hacking yang ada.

Lalu yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah bagaimana jika ternyata sumber atau kasus terjadi peretasan adalah bukan dari Wordpress.

Biasanya terjadi peretasan bisa terjadi melalui theme, ataupun plugin-plugin yang gratisan, atau Null. Theme / Plugin Null adalah theme/Plugin yang sengaja di crack agar orang-orang awam bisa menggunakan theme yang  harganya cukup mahal.

Untuk meningkatkan keamanan Wordpress yang kamu miliki.

  1. Pastikan Versi Wordpress yang dimiliki adalah yang Up-to- Date
  2. Menggunakan Plugin/Theme secara resmi, jangan mengcrack .
  3. Memilih layanan hosting yang sudah terpercaya.
  4. Membuat custom link login.

Untuk lengkapnya lagi, kami akan bahas di lain artikel terkait bagaimana membangun keamanan bagi sebuah situs Wordpress.

Kesimpulan

Ada beberapa hal yang bisa disimpulkan dari pembahasan diatas, bahwa untuk membangun sebuah website, Wordpress merupakan CMS yang memang masih bisa dihandalkan kemampuannya untuk membangun sebuah website. Banyak kelebihan yang didapatkan jika menggunakan wordpress, kemudahan akan fleksibilats, dan juga banyaknya komunitas, sehingga saat ini banyak komunitas yang memberikan informasi terkait wordpress itu sendiri. Dan hal ini menjadi salah satu bantuan jika kamu ingin melakukan berbagai perubahan-perubahan dari website kamu.

Jika kamu merasa, bahwa wordpress bukan platform yang tepat, kamu masih bisa coba di berbagai platform lainnya. Misalnya Joomla, Drupal, Magento, dan lainnya. Tentu aka nada kelebihan dan kekurangan dari setiap platform.

Membangun sebuah website/blog, ibarat kita membangun sebuah rumah, butuh ketelatenan dalam mengurusnya. Hingga akhirnya banyak yang senang berkunjung ke rumah kita, dan juga sebaik-baiknya rumah adalah yang mampu memberikan perlindungan bagi penggunanya, dan sebaik-baiknya sebuah website/blog, adalah yang memberikan manfaat bagi pengunjungnya.

Oke mungkin itulah pembahasan cukup Panjang yang kita miliki. Sukses terus, untuk kamu yang sedang membangun sebuah website/blog, jika artikel ini bermanfaat kamu boleh share kembali. Nantikan terus untuk artikel-artikel lainnya…

See You….

CONTACT US

Ph. +62 21 299 66 900

Fax. +62 21 526 9587

support@inet.net.id

INET Head Office

Cyber 1 Building,

5th Floor Jl. Kuningan Barat No. 8

Jakarta 12710 – Indonesia