Belum tau Wordpress?? Baca 8 Hal ini yang perlu kamu ketahui dari Wordpress

User Rating: 1 / 5

Star ActiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kamu sering berkunjung kesalah satu website ? Pernah tidak ya kamu merasa membuat website itu adalah pekerjaan yang rumit? Menurut kamu apa pendapatmu tentang gambar dibawah ini ??

Terlihat rumit bukan ?

Gambar diatas merupakan Bahasa pemograman yang digunakan untuk membuat sebuah Website, atau membuat sebuah sistem.

Tetapi, tunggu dulu, tidak semua Website dibuat harus menggunakan proses koding seperti gambar diatas, proses koding saat ini sudah digantikan dengan CMS (Content Management).

CMS ini memberikan kemudahan bagi siapapun yang ingin membuat sebuah Website, baik itu Website Jual Beli (Ecommerce), Website Company Profile, Blog Pribad, dll. CMS sendiri pun memiliki beragam jenisnya, mulai dari Magento, Joomla, CakePHP, Mambo, Zen Cart, Es Commerce, Drupal, Squarespace dan Wix. Dari beberapa CMS yang ada, sekitar 30% website di dunia menggunakan platform Wordpress. Bahasa Indonesia, juga merupakan Bahasa yang menduduki peringkat ketiga setelah Bahasa Inggris dan Spanyol. Hal ini menandakan bahwa pengguna dari Wordpress di Indonesia ini cukup banyak.

Tentu dengan banyaknya pengguna, maka untuk pengembangan-pengembangan dari Wordpress sendiri terbilang cepat dan semakin User Friendly. Bahkan sudah cukup banyak baik plugin ataupun komunitas pengembang Wordpress. Hal ini akan semakin mempermudah kita dalam membuat sebuah Website.

Di Artikel kali ini kita akan coba bahas detail tentang Apa itu cms Wordpress?? Bagaimana kegunaannya dan juga keunggulannya dibandingkan CMS sejenis lainnya.

Pengertian Wordpress

Apa itu Wordpress??

Wordpress merupakan salah satu platform yang sering digunakan untuk membangun sebuah website, atau blog portfolio pribadi. Platform wordpress ini pada dasarnya merupakan bagian dari Content Management System (CMS) yang paling banyak digunakan didunia ini.

Pada umumnya CMS adalah seperangkat alat lunak, atau admin menyebutnya dengan sebutan Platform, yang dimana platform ini memperbolehkan pemilik, editor, ataupun penulis sekalipun untuk mengelola website dan menerbitkan sebuah konten tanpa harus mengerti sebuah Bahasa pemograman.

Seperti gambar diatas tadi.  

Tetapi pada dasarnya minimal kita memahami beberapa Bahasa pemrograman minimal HTML atau CSS, jika kita ingin mempercantik tampilan dari Website yang kita miliki.

Kembali ke pembahasan, Wordpress menggunakan sistem PHP dan MySQL, yang dimana hal tersebut didukung oleh semua penyedia web hosting.

Kemudahan fitur-fitur yang dimiliki Wordpress akhirnya membantu Wordpress lebih cepat mendapatkan pengguna dibandingkan dari platform-platform CMS lainnya.

 

Sejarah Wordpress

Saat ini kita melihat bahwa wordpress sudah sangat User Friendly dan tidak seperti versi-versi awal kehadiran dari Wordpress sendiri. Lalu pertanyaan selanjutnya bagaimana penangkapan Wordpress pada masa merintisnya??

Perlu kita pahami bagaimana wordpress bisa hadir ditengah kehidupan kita.

Wordpress hadir dimulai karena terhentinya pengembangan software blogging B2/Cafeblog yang entah kenapa dihentikan oleh pengembang utamanya. Matt Mullenweg & Mike Little, 2 pengguna dari B2/Cafeblog pun mencoba untuk meneruskannya tetapi dengan wajah yang baru.

Tepat pada tanggal 27 May 2003, Matt mengumumkan ketersediaan Wordpress versi pertama. Hal tersebut diterima baik oleh khalayak luas. Versi pertama dari wordpress ini pun sudah memiliki tampilan admin, template baru, dan terintegrasi dengan sistem XHTML.1.1, dibawah ini merupakan penampakan pada masa itu :

 

Kemudian setahun berikutnya sekitar May tahun 2004 , Version 1.2 Wordpress pun hadir dengan plugin architecture. Fitur plugin ini berfungsi sebagai salah satu fitur tambahan untuk memudahkan pengguna atau development untuk melakukan penyesuaian fungsi dari Wordpress, dan tentu mereka bisa membagikan ke komunitas mereka .  

Pada masa itu pertumbuhan platform seperti Wordpress ini masih belum berkembang, maka dari itu  Wordpress memiliki keunggulan karena tidak memiliki pesaing.

Di February 2005 Wordpress hadir dengan fitur pagesnya, moderasi komen, template otomatis “theme Kubrick”, dan penyelesaian sistem theme baru. Di versi ini Matt mencoba membagi bagian sebuah page menjadi tiga, yaitu header, Body, Footer. Hal itu memudahkan penggunanya dalam mengatur satu bagian tanpa merubah bagian lainnya.

Di Desember 2005  Wordpress meluncurkan versi 2.0nya, yang ditampilkan pertama kali adalah sistem admin dashboard. Tampilan admin pada masa itu merupakan tampilan terlengkap yang dimiliki oleh Wordpress, dibandingkan versi-versi sebelumnya.

Pada versi 2.0 ini pun juga dibuat dengan hadirnya fitur “Akismet anti-spam plugin”.  Disisi lain juga ditahun ini Wordpress melakukan rilis fitur “functions.php file” untuk pertama kalinya.

Kemudian tepat pada tanggal 1 Maret 2006, Matt Mullenweg, mendaftarkan hak paten dari bisnisnya Wordpress, dan juga Logo dari Wordpress itu sendiri.

Perkembangan dari Wordpress ini terus berlanjut, buat yang ingin tahu bagaimana perkembangan mulai dari versi awal dan akhir saat ini, kamu bisa baca di artikel ini.

Mengapa Harus Wordpress??

Anda sudah paham cukup detail terkait apa itu Wordpress, kemudian bagaimana sejarah hadirnya wordpress, untuk di pembahasan yang ini ada 6 alasan kenapa kamu harus menggunakan Wordpres..

  1. Platform Wordpress Gratis
  2. Wordpress juga mudah dikustom dengan theme & Plugin
  3. Wordpress sendiri mudah digunakan
  4. Wordpress menyatukan semua tipe media
  5. Wordpress mudah untuk SEO
  6. Wordpress Safe & Secure. 

Ayo kita bahas satu persatu-satu.

  • Wordpress adalah Platform Open Source & tentu Gratis.

Kenapa gratis? Kita akan bahas detail diartikel lain. Tetapi, yang terpenting, siapapun bisa mendownload Wordpress secara langsung. Anda bisa menggunakan Wordpress baik itu install, use, ataupun memodifikasi sesuai kebutuhan Anda. Dengan wordpress apapun bisa kita buat. Dalam hal ini kami konsen terhadap pembahasan Wordpress.org

Perlu diingat

“ Biarpun Wordpress ini gratis, Anda juga tetap harus memiliki Nama Domain dan Web Hosting untuk menginstall software ini .” Nama Domain adalah alamat yang digunakan untuk mengakses website kita diInternet. Contohnya ketika mengetikkan nama “https://inet.net.id” ini merupakan  contoh dari nama domain. Web Hosting adalah tempat atau penyimpanan untuk menaruh file-file Web itu . Kami merekomendasikan untuk menggunakan Deltacloud.id utnuk mendapatkan penawaran terbaik terkai hosting.

  • Wordpres mudah dikustom

Mengkostum adalah hobi mayoritas orang Indonesia, termasuk dalam hal website, untuk membuat atau mengkostum baik dari sisi fitur ataupun tampilan Wordpress memudahkan kita dengan menggunakan sistem dari theme & plugin yang dimilikinya.

Theme berfungsi digunakan sebagai fitur untuk mempercantik tampilan dari Website. Sedangan Plugin fitur wordpress yang akan memudahkan pemilik website untuk menambah fitur dari Wordpress itu, seperti fitur ecommerce.

  • Wordpress sangat mudah digunakan 

Mengingat pengguna wordpress adalah terbesar di Dunia sekitar 30 % tentu berdampak kepada terbentuknya komunitas secara besar, dan akhirnya banyak yang membuat forum yang ditujukan memberikan kemudahan bagi anggotanya. Ditambah wordpress sendiri akan memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk mengupdate Wordpress jika memang ada update dari developer wordpress.

  • Wordpress menyatukan berbagai tipe media

Awal perkembangan wordpress, mungkin belum secanggih saat ini, dimana media yang digunakan tanpa menggunakan gambar. Hanya berupa text, saat ini wordpress hadir dan mampu menjadi sebuah media uploader. Anda bisa mengupdate foto media, Instagram photo, tweets dan bahkan Soundcloud Audio.

  • Wordpress memberikan kemudahan untuk SEO

Tahukah kamu SEO? Search Engine Optimization adalah salah satu metode membuat halaman website yang kita miliki bisa masuk dihalaman satu Google. Wordpress memberikan kemudahan bagi penggunanya jika ingin membuat konten dengan Teknik SEO, baik dari kemudahan membuat URL yang friendly, ataupun juga menyediakan plugin-plugin khusus SEO seperti Yoast SEO, All in SEO Pack.

  • Wordpress adalah platform yang cukup Aman

Wordpress sebenarnya memberikan jaminan keamanan sejak awal terbentuknya Wordpress, tetapi biarpun dianggap aman seringkali jika kita bicara dunia Internet. Internet merupakan dunia tanpa batas yang tentu membuat suatu halnya menjadi tidak pasti .

Diluaran sana mungkin akan ada banyak yang ingin melakukan peretasan website yang kita miliki. Ditambah lagi jika website tersebut adalah website yang vital seperti website pemerintahan.

Maka dari itu sebenarnya Wordpress memberikan keleluasaan bagi penggunanya dalam meningkatkan keamanan Websitenya. Banyak plugin seperti Wordfence, atau Sucuri yang berfungsi sebagai keamanan tambahan. Dan biasanya Anda juga bisa menambahkan keamanan dari penyedia hosting yang ada.

Kami merekomendasikan bagi Anda yang ingin mengoptimalkan keamanan Hosting yang Anda miliki. Silahkan kunjungi web Deltacloud.id

 

Wordpress.com VS Wordpress.org

Di sub pembahasan diatas, kami sudah menyinggung terkait tentang Wordpress.Org. Sebenarnya Wordpress memiliki dua layanan yang berbeda.

  1. wordpress.com
  2. wordpress.org

Wordpress.com

Wordpress.com adalah platform yang berbasis jasa Wordpress Hosting besutan Matt Mullenweg, sang pembuat Wordpress.org. Seringkali kita beranggapan Wordpress.com ini sama seperti Wordpress.org. padahal wordpress.com memiliki berbagai keterbatasan dalam mengoptimalkan Website yang kita miliki.

Wordpress.org

Wordpress.org pada dasarnya adalah layanan hosting pribadi, kita bisa mengatur apapun mulai dari tema, tulisan, jenis, hingga menambah kodingan dari wordpress itu sendiri. Bebas, dilakukan dari pemilik Website itu sendiri. Karena basis yang digunakannya adalah Self Hosted.  Ibarat sebuah bangunan Wordpress.org adalah sebuah rumah pribadi yang kita beli sendiri, kita berhak mengecat, menambah ruangan, merubah model, atau bahkan menjualnya sekalipun itu semua kita diberi kebebasan.

Tentu jika dilakukan sendiri kita perlu memiliki kemampuan konfigurasi, walaupun itu sekadar dasar saja.

Perbedaan dari Wordpress.com & Wordpress.Org

  • Theme

Wordpress.org memberikan berbagai kelebihan untuk mengoptimalkan website yang kita miliki, kita bebas melakukan modifikasi baik dari sisi theme web yang kita miliki. Sedangkan Wordpress.com memiliki keterbatasan dalam hal theme yang ingin kita modifkasi. Tentu ini akan berdampak terhadap keunggulan website yang kita miliki .

Jika Anda ingin mengganti theme di wordpress.com,  kamu bisa mengambil layanan dari Wordpress itu sendiri. Mulai dari 99$/tahun kamu sudah bisa menginstall theme walaupun itu terbatas, jika kamu ingin menginstall theme secara bebas, kamu bisa mengambil paket Business, paket itu sekitar 299$/tahun.

  • Plugin

Sama layaknya seperti theme, di wordpress.org kamu akan mendapatkan kemudahan untuk menginstall apapun plugin yang kamu butuhkan untuk fitur diwebsite kamu. Sedangkan Wordpress.com tetap memiliki keterbatasan, bahkan kamu tidak dapat melakukan apapun jika masih menggunakan fitur gratis dari wordpress.com.

Upgrade ke business package untuk mendapatkan akses menginstall plugin yang dibutuhkan.

  • Biaya Pengeluaran 

Jika kamu menggunakan wordpress.org kamu akan membutuhkan dua hal utama, yaitu domain, dan juga hosting. Dan itu biasanya memiliki biaya yang berbeda tergantung dimana kamu membeli kedua hal itu. Dan jika website yang kamu miliki, memiliki jumlah traffic yang tinggi, tentu kamu memerlukan VPS.

Sedangkan wordpress.com memberikan kemudahan diawal, karena untuk akun gratis, kamu akan mendapatkan kurang lebih 3 Gb untuk penyimpanan, dan juga domain yang kamu miliki bertambah kata “.wordpress.com”.

Dengan mengaktifkan paket personal seharga $36/tahun, kamu sudah bisa mengkostum nama domain, ataupun menghapus iklan bawaan dari wordpress.com itu sendiri.

Untuk mendapatkan akses lebih, kamu cukup dengan membayar $299/tahun,

  • Kebebasan memonetise iklan

Siapa yang tidak ingin memiliki tambahan uang jajan hanya sekadar mengambil jatah dari adsense. Tentu setiap dari kita ingin merasakan gajiannya adsense. Dengan menggunakan Wordpress.org kita akan dengan mendapatkan kemudahan untuk melakukan monetise, dan kamu bebas menggunakan layanan apapun itu. Dan tentu keuntungan 100% itu untuk kamu.

dan wordpress.com memberikan larangan untuk melakukan monetise iklan, kamu harus memenuhi 25000 pageview, jika kamu ingin melakukan monetise.

Jika menggunakan fitur premium dan Busines plan kamu akan mendapatkan akses untuk mengikuti program dari Wordpress itu sendiri. Yaitu WordAds, di program tersebut kamu mendapat bayaran, tetapi tidak 100% itu milk kamu, jadi kamu akan berbagi hasil dengan Wordpress

  • Fitur SEO

Masuk ke halaman 1 google adalah dambaan bagi yang memiliki website. Karena masuk halaman 1 memiliki peluang lebih banyak untuk mendapatkan pengunjung. Ketimbang di halaman-halaman berikutnya.

Wordpress.org memberikan kemudahan bagi kamu untuk menginstall plugin SEO yang tentu akan sangat memudahkan kamu sendiri dalam melakukan optimalisasi.

Wordpress.com tidak memberikan akses untuk kita melakukan Teknik SEO secara besar-besaran. Kamu bisa mendapatkan akses full hanya dengan membayar paket bisnis yang dimiliki wordpress itu sendiri.

  • Fitur Analytic

Lagi-lagi wordpress.org memiliki kemudahan akses untuk menambahkan fitur analytic seperti KissMetrics, MixPanel, dll. Sedangkan Wordpress.com  kamu tidak akan memiliki fitur analytic, untuk membuka fitur tersebut, cukup dengan berlangganan pake bulanan yang ditawarkan Wordpress.

  • Buat Toko Online

Wordpress.org kamu bisa sepenuhnya membuat berbagai jenis website, bahkan ecommerce sekalipun, akan jauh lebih mudah untuk membuatnya. Untuk Wordpress.com tidak ada layanan yang bisa digunakan untuk membuat Toko Online

  • Maintenance

Jika menggunakan Wordpress.org seluruh kebutuhan Website mulai dari backups, update, mengkontrol spam akan dilakukan secara sendiri. Dan kamu bebas kapanpun ingin melakukannya. Jika kamu menggunakan Wordpress.com kamu tidak perlu melakukan hal itu diatas, karena itu semua sudah dilakukan oleh staf dari wordpress.com itu sendiri.

 

Pada dasarnya pilihan kamu untuk memilih platform itu kembali kepada diri kamu, tetapi disini kami merekomendasikan untuk kamu untuk memilih platform wordpress yang mana. Dari beberapa hal diatas dapat disimpulkan bahwa wordpress.org lebih fleksibel ketimbang wordpress.com baik dari sisi manapun, walaupun dari sisi wordpress.com pun juga memiliki fitur yang terbuka jika kita membayar paket bisnis.

Jika kamu ingin membuat sebuah Wordpress, kami menyarankan untuk anda menggunakan Wordpress.org selain kefleksibelitasnya. Website yang anda miliki akan terlihat jauh lebih professional.

Website yang bisa dibuat dengan Wordpress

Kehadiran wordpress sudah sejak lama, menjadikan wordpress salah satu platform yang paling sering digunakan untuk membuat sebuah website. Berbagai jenis website pun cukup mudah dibuat jika menggunakan Wordpress.

Berikut ini adalah beberapa jenis website yang bisa kamu buat dengan Wordpress.

  • Web Bisnis

Dalam hal ini kita bisa ambil contoh beberapa web bisnis, biasanya website ini berisi tentang penjelasan dari sebuah perusahaan atau berisi edukasi sebuah produk. Website ini termasuk dalam jenis website Company Profile.

  • Website Toko Online

Pertumbuhan UMKM di Indonesia saat ini mengalami peningkatan yang cukup pesat, pola belanja masyarakat pun saat ini telah berubah. Dulu orang mungkin akan pergi ke sebuah toko atau mall, untuk membeli barang, saat ini tidak perlu repot-repot pergi keluar rumah. Cukup dengan buka layar handphone, pilih salah satu toko online. kita pilih barang yang kita mau, dan tunggu sampai barang itu sampai.  Sederhana bukan??

Website seperti itu biasa disebut dengan E-commerce, dengan wordpress kita bisa membuat website toko online.

  • Blog

Artikel yang sedang kamu baca ini merupakan salah satu bagian dari Blog, Blog adalah jenis website yang berisi konten-konten informatif untuk memudahkan kamu mencari sebuah tambahan ilmu pengetahuan atau bisa juga mencari sebuah inspirasi. Wordpress memberikan kemudahan jika kamu ingin membuat Website berbasis blog

  • Portfolio

Menampilkan portfolio adalah sebuah keharusan bagi setiap orang, salah satu sarana menampilkan sebuah hasil karya portfolio kita memerlukan sebuah media. Website merupakan salah satu media yang bisa digunakan untuk menampilkan portfolio adalah website. Kemudahan dalam penggunaan theme di Wordpress memberikan kita ruang untuk membuat sebuah website portfolio dengan menggunakan wordpress.

  • Forum

Forum adalah salah satu jenis website yang ada saat ini, forum ini biasanya digunakan untuk saling berdiskusi suatu tema atau topik pembicaraan, biasanya diawali sebuah posting, dan jika postingan menarik, setiap user bisa memberikan vote, dengan komen diskusi, untuk tetap berada diatas. Dengan wordpress, website seperti forum akan sangat mudah dibuat.

Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan Wordpress.org

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh wordpress.org adalah kamu bisa secara sepenuhnya menghandel website yang kamu miliki mulai dari memilih konsep website, hingga memilih theme apakah yang ingin kamu gunakan, memilih plugin yang berfungsi mengatur fitur-fitur yagn kamu butuhkan. Serta kamu bisa mendapatkan penghasilan dengan mendaftarkan Website yang kita miliki di Google Adsense, atau juga bisa didaftarkan di berbagai situs ads lainnya. Selain dengan adsense, jika pengunjung kamu cukup banyak, kamu juga bisa sambal berjualan produk yang sesuai dengan apa yang sejalan dengan kamu.

Kelebihan Wordpress.com

Wordpress.com merupakan platform yang memiliki keunggulan, karena gratis. Kita tidak perlu membeli hosting, karena hosting itu sudah disediakan oleh wordpress langsung, kita akan mendapatkan sekitar 3 GB untuk mengupload file-file yang dibutuhkan. Jika menggunakan versi premium kamu bisa mendapatkan beberapa.

Kelemahan Wordpress.org

Kemudahan dan kebebasan yang diberikan wordpress.org seringkali menjadi sebuah kesulitan tersendiri bagi pengguna awam. Ditambah kita memerlukan hosting sendiri, untuk mengelola website. Tentu karena hal tersebut, biaya yang dikeluarkan jadi lebih banyak. Ditambah lagi jika memerlukan theme premium untuk mengkostum website agar terlihat lebih cantik. Dan tidak dapat dimungkiri bahwa biaya yang dibutuhkan untuk sebuah theme pun juga cukup mahal.

Kelemahan Wordpress.com

Wordpress.com memang memberikan kemudahan layanan untuk kita tanpa perlu repot-repot menyediakan hosting, karena wordpress sendiri sudah menyediakan hosting sendiri. Tetapi ada beberapa kelemahan yang mungkin cukup membatasi pengguna untuk merubah sesuai keinginan yang dibutuhkan. Dari sisi theme, pada wordpress.com kita tidak bisa mengganti theme sesuai keinginan kita, apalagi jika kita merubah dari sisi html/css, dari sisi storage, penyimpanan yang diberikan kurang lebih 3 Gb, dengan jumlah seperti itu, akan sangat sedikit sekali, terkadang kebutuhan sebuah website yang banyak gambar membutuhkan sekitar puluhan Gb. Dari sisi kepemilikan, website yang kita miliki tidak sepenuhnya milik kita, karena tentu karena kita menumpang di hosting Wordpress, jadi sewaktu-waktu mudah saja bagi wordpress untuk menghapus website yang kita miliki.

Website yang menggunakan Wordpresss

Ada beberapa contoh website dunia yang menggunakan wordpress sebagai platform utamanya, berikut ini website yang menggunakan wordpress.

  • News.Microsoft

Microsoft News merupakan Website portal berita yang dikhususkan untuk pengguna Microsoft mencari informasi terkait perkembangan teknologi atau perkembangan Microsoft itu sendiri. Berikut ini tampilan halaman beranda Microsoft news.

  • Cpanel Blog

Cpanel merupakan halaman member yang memudahkan pengguna untuk mengoperasikan web hosting yang dimiliki pengguna. Mulai dari mengupdate atau membackup database. Segala tutorial yang ada perlukan untuk Cpanel, kamu cukup melihat di blog.cpanel.

  • Website Negara (Sweden)

Salah satu negara di Eropa menggunakan website sebagai media yang mengawasi dan mengontrol kinerja pemerintah. Web utama negara Sweden, menjadi salah satu website yang menggunakan wordpress sebagai platform utama di negerinya. Didalam web tersebut terdapat berbagai informasi yang bisa didapatkan.

  • Playstasion Blog

Playstation atau biasa dikenal dengan PS, mulai dari versi pertama hingga saat ini versi  ke 5, tentu kalau kamu gamer sejati, minimal kamu memiliki salah satu console tersebut. demi memanjakan dan memberikan informasi terkait update dari playstation, mereka membangun sebuah blog. Dimana blog yang dibuat menggunakan Wordpress.

  • Sony Music

Siapa tak suka denga music, saat ini banyak sekali website-website yang berisi kumpulan lagu, dimana hampir setiap hari selalu di kunjungi oleh penikmat-penikmat music. Uniknya lagi sebuah website database lagu, bisa dibuat hanya dengan menggunakan platform wordpress. Sony music merupakan salah satu contoh, platform penyedia music, dan blog berasa dari wordpress.

  • Star Warrs Official

Kehadiran star wars sangatlah dinantikan para fansbasenya , salah satu cara untuk lebih dekat dengan fanbase adalah dengan menggunakan website. Dari situ para fanbase akan mencari tahu tentang informasi terbaru dari apa yang digemarinya. Starwars memiliki salah satu website resminya. Sehingga informasi yang  beredar merupakan informasi valid. Starwars menggunakan platform Wordpress untuk websitenya.

Itulah 6 website besar yang menggunakan Wordpress sebagai platform untuk membuat website. Dan kesemua website itu pun memiliki tampilan-tampilan yang unik dan keren. DIbuat sesuai dengan kebutuhan akan target pasarnya. Buat kamu yang ingin membuat website/blog pribadi. Maka Wordpress merupakan pilihan yang tepat untuk kamu

Keamanan Wordpress

Kamu sering dengar kasus-kasus website pemerintahan diretas?

Di Indonesia sendiri sekelas website polri saja, masih bisa diretas oleh beberapa kelompok hacker di Indonesia. Bicara soal keamanan sebuah website, pada dasarnya tidak ada website yang benar-benar seratus persen aman. Seperti yang dilansir “ Sucury “ bahwa ada 3 CMS besar yang terinfeksi oleh hacker-hacker. Untuk lengkapnya bisa baca diblog sucuri

Ada data yang coba ditampilkan dari 60% kasus hacking dari CMS Wordpress ditahun 2016, mengalami penurunan hingga angka 39% di tahun 2017. Tetapi ketika terjadi peretasan, kebanyakan pemiliki situs masih menggunakan versi 3x, untuk kamu yang masih menggunakan wordpress 3. Maka segera update untuk menjaga website kamu dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Berdasarkan data WPScan, sekitar 74% dari kebocoran dikarenakan login di perangkat inti Wordpress. Dan permasalahannya adalah versi terbanyak yang mengalami bug ini ada di Wordpress. 3.x.

Namun sayangnya seperti yang dilansir Wordpress sendiri ada sekitar 62 % Situs Wordpress yang masih menggunakan versi 3.x, Tentu ini masih menjadi masalah yang serius bagi pemilik wordpress versi lama

Tim Keamanan dari Wordpress berusaha memberikan pekerjaan yang terbaik dengan cepat memperbaiki masalah dalam software Wordpress. Jika hal ini bisa diterapkan dengan segera oleh pengguna yang masih menggunakan versi lama dari Wordpress. Hal ini pun akan meminimalisir permasalahan hacking yang ada.

Lalu yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah bagaimana jika ternyata sumber atau kasus terjadi peretasan adalah bukan dari Wordpress.

Biasanya terjadi peretasan bisa terjadi melalui theme, ataupun plugin-plugin yang gratisan, atau Null. Theme / Plugin Null adalah theme/Plugin yang sengaja di crack agar orang-orang awam bisa menggunakan theme yang  harganya cukup mahal.

Untuk meningkatkan keamanan Wordpress yang kamu miliki.

  1. Pastikan Versi Wordpress yang dimiliki adalah yang Up-to- Date
  2. Menggunakan Plugin/Theme secara resmi, jangan mengcrack .
  3. Memilih layanan hosting yang sudah terpercaya.
  4. Membuat custom link login.

Untuk lengkapnya lagi, kami akan bahas di lain artikel terkait bagaimana membangun keamanan bagi sebuah situs Wordpress.

Kesimpulan

Ada beberapa hal yang bisa disimpulkan dari pembahasan diatas, bahwa untuk membangun sebuah website, Wordpress merupakan CMS yang memang masih bisa dihandalkan kemampuannya untuk membangun sebuah website. Banyak kelebihan yang didapatkan jika menggunakan wordpress, kemudahan akan fleksibilats, dan juga banyaknya komunitas, sehingga saat ini banyak komunitas yang memberikan informasi terkait wordpress itu sendiri. Dan hal ini menjadi salah satu bantuan jika kamu ingin melakukan berbagai perubahan-perubahan dari website kamu.

Jika kamu merasa, bahwa wordpress bukan platform yang tepat, kamu masih bisa coba di berbagai platform lainnya. Misalnya Joomla, Drupal, Magento, dan lainnya. Tentu aka nada kelebihan dan kekurangan dari setiap platform.

Membangun sebuah website/blog, ibarat kita membangun sebuah rumah, butuh ketelatenan dalam mengurusnya. Hingga akhirnya banyak yang senang berkunjung ke rumah kita, dan juga sebaik-baiknya rumah adalah yang mampu memberikan perlindungan bagi penggunanya, dan sebaik-baiknya sebuah website/blog, adalah yang memberikan manfaat bagi pengunjungnya.

Oke mungkin itulah pembahasan cukup Panjang yang kita miliki. Sukses terus, untuk kamu yang sedang membangun sebuah website/blog, jika artikel ini bermanfaat kamu boleh share kembali. Nantikan terus untuk artikel-artikel lainnya…

See You….

CONTACT US

Ph. +62 21 299 66 900

Fax. +62 21 526 9587

support@inet.net.id

INET Head Office

Cyber 1 Building,

5th Floor Jl. Kuningan Barat No. 8

Jakarta 12710 – Indonesia