Hari Pahlawan Indonesia, Pahlawan Fiberku, Pahlawan Internetmu!!!

User Rating: 1 / 5

Star ActiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Sudah sehari berlalu hari pahlawan dikenang oleh Masyarakat Indonesia. Bagaimana dihari itu, semua perjuangan yang dilakukan oleh Para Pahlawan akan terus ada dibenak masyarkat Indonesia. Dan akan tetap dilestarikan sebagai bagian dari bentuk apresiasi terhadap para Pahlawan yang sudah meMerdekakan Indonesia.

Tak terasa hari itu sudah berselang satu hari sejak penulisan artikel ini. Jika ditanya 

  • Apa itu hari pahlawan?
  • Apa makna hari pahlawan bagi kehidupanmu?
  • dan apa yang sudah kamu lakukan untuk negeri ini, sebagai tanda bukti bahwa kamu menghargai mereka sebagai pahlawan?

dan apa yang sudah kamu lakukan untuk negeri ini, sebagai tanda bukti bahwa kamu menghargai mereka sebagai pahlawan??

Tiga pertanyaan diatas adalah pertanyaan umum, yang mungkin kamu akan menjawab dengan berbagai pendapatan. Jika diruntut sejarahnya Hari Pahlawan ini diidentikan dengan peristiwa pada tanggal 10 November 1945 dimana pada masa itu terjadi perlawanan warga Surabaya yang dipimpin oleh Bung Tomo untuk mengusir para penjajah.

Mungkin sebagian akan berpendapat bahwa masing-masing dari individu harus mengikuti jejak para pahlawan, berjuang untuk menumpas semua penjajahan. Tetapi, Makna dari hari pahlawan kali ini seharusnya diartikan berbeda. Memperingati hari pahlawan ditujukan sebagai hari dimana kita meneruskan perjuangan pahlawan dengan konsep yang baru, konsep yang lebih kekinian, dan konsep yang membangun sebuah peradaban.

Maka dari itu perlunya dimaknai hari pahlawan sebagai hari kita berjuang untuk memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Memberikan manfaat bagi tumbuhnya kemajuan suatu negara.

Tahukah kamu Manfaat apa yang bisa diberikan Negara?

Kali ini mimin coba share satu cerita tentang bagaimana perjalanan sebuah Layanan Internet bisa sampai di kamu. Dan kamu sampai detik ini bisa berselancar didunia maya tanpa hambatan sedikitpun.

Proses Internet sampai ke Smartphonemu

Kemudahan akses untuk saling berkomunikasi satu dengan yang lain adalah harapan bagi setiap manusia dijagat raya manapun. Ditambah lagi dengan semakin canggihnya gawai yang dimiliki setiap individu akhirnya semakin menunjang proses komunikasi yang cepat. Dulu sebuah pesan mungkin hanya bisa dikirim dengan menggunakan “ Surat Kabar “ atau dengan “ Burung Dara “. Saat ini tidak hanya pesan, bahkan secara langsung kita bisa melihat bagaimana orang terdekat kita melakukan kegiatan di tempat yang sangat jauh dari kita.

Hal itu tidak terlepas dari hadirnya jaringan Internet di kehidupan kita. Tahukah kamu bagaimana Internet itu hadir di smartphone yang kamu miliki?

Jika dilihat dari gambar diatas, sebuah jaringan dapat terhubung dengan satu sama lain adalah dengan terkoneksinya sebuah piringan besar ( VSAT ) sebagai pemancar/penerima jaringan dari Satellite Geostationary (satelit ini yang berfungsi sebagai penghubung antar VSAT di permukaan bumi. Dari VSAT jaringan tersebut akan diteruskan ke perangkat satellite modem dan diarahkan ke router dan dan akan dialirkan ke komputer masing-masing pengguna.

Metode kedua adalah dengan menggunakan hotspot (WIFI), Internet pada jaringan ini akan terhubung, jika kita dekat dengan Menara BTS (Base Transciever Station) yang dimana tower ini sebagai tower penguat dari pemancar sinyal seluler.

yang lain adalah sebuah Internet bisa terhubung dan terkoneksi dengan menggunakan kabel fiber, kabel fiber ini merupakan alat yang paling baik dalam mentransmisikan jaringan internet kerumah-rumah. Dan dianggap sebagai perangkat yang mampu tahan dari berbagai keadaan cuaca apapun. Tetapi seringkali proses menghubungan jaringan kabel fiber ini membutuhkan effort yang cukup melelahkan.

Pahlawan Fiber adalah Pahlawan Internetmu

Semua kenikmatan dan kemudahan yang kamu dapatkan seringkali tidak kita sadari, bagaimanakah proses yang dilakukan oleh penyedia layanan internet, demi kemudahan kamu menggunakan layanan Internet.

Seringkali jika terjadi masalah mungkin kamu akan mengkomplain, bahkan memaki penyedia layanan Internet dan mengatakan jaringan internet sangat buruk. Dan tidak luput juga makian yang kamu berikan bagi para pekerja yang sudah menyediakan layanan Internet bagi kamu.

Pahlawan Fiber

Pernahkah kamu melihat para penggali tanah yang berada dipinggir jalan. Ada beberapa proyek sejenis ini, ada beberapa proyek penggalian tanah ini yang sudah diinformasikan ditujukan untuk menggali Pipa-pipa Gas, pipa air, ataupun Kabel FO.

Seringkali ada wilayah yang belum terjangkau oleh kabel jaringan FO, dan tentu Internet yang belum tercover jaringan FO, akan memiliki koneksi yang lebih buruk dibanding wilayah yang sudah tercover Kabel FO. Maka dari itu dibutuhkan penggalian tanah, dan pemasangan Kabel FO untuk wilayah tertentu demi terjangkaunya jaringan Internet yang stabil. Tentu permasalahan yang terimbas dari hal ini adalah terjadinya kemacetan untuk daerah yang dilewati kabel tersebut.

Untuk wilayah Jakarta saat ini mungkin sudah hamper keseluruhan sudah memiliki Jaringan FO yang sangat baik. Tentu akan berbeda dengan wilayah-wilayah yang ada selain di Jakarta.

Pahlawan VSAT

Baca Juga : VSAT Technology, Apa VSAT itu?

Jika wilayah kamu jauh dari perkotaan, apalagi wilayah kamu dibagian-bagian yang jauh dari Ibukota, seperti Papua, NTB, atau wilayah timur dan tengah lainnya. Maka kabel FO saat ini belum bisa dikatakan mengcover wilayah tersebut. Walaupun saat ini pemerintah sudah dengan serius membangun jaringan PALAPA RING. Maka akan ada beberapa solusi yang diberikan oleh para penyedia layanan Internet. Adapun solusi tersebut adalah VSAT

Seringkali pemasangan sebuah VSAT seringkali tidak semudah yang dibayangkan. Banyak penyedia Internet yang menugaskan para karyawan untuk melakukan pemasangan diwilayah-wilayah yang jauh dari jangkauan perkotaan. Seringkali mereka perlu menaiki perahu kecil untuk sampai wilayah itu, dibutuhkan berhari-hari perjalanan dengan membawa perangkat yang cukup banyak. Belum lagi tantangan cuaca yang seringkali tidak bisa ditebak.

Ditambah lagi wilayahnya yang sangat pelosok akhirnya menyulitkan mereka untuk menghubungi keluarga Mereka yang mereka tinggal di Ibukota, atau kota-kota besar. Hal ini dikarenakan jaringan tersebut betul-betul belum memiliki jaringan Internet.

Kesimpulan

Perjalanan yang cukup Panjang dan melelahkan bagi terhubungnya sebuah jaringan Internet menjadikan kami sebagai penyedia layanan internet untuk terus melakukan inovasi dalam memberikan layanan bagi masyarakat, dan juga bagi para pekerja yang sudah mengorbankan Waktu, Tenaga, bahkan Biaya yang tidak sedikit utnuk sekadar bertahan hidup. Salah satu apresiasi dari Kami untuk para tim teknis terbaik yang kami miliki. Selamat Hari Pahlawan wahai pahlawan internetku. 

CONTACT US

Ph. +62 21 299 66 900

Fax. +62 21 526 9587

support@inet.net.id

INET Head Office

Cyber 1 Building,

5th Floor Jl. Kuningan Barat No. 8

Jakarta 12710 – Indonesia