Bagaimana Cara Bekerja di kantor Google?

User Rating: 1 / 5

Star ActiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Perusahaan seperti apakah yang kamu dambakan saat ini? Bercita-cita bekerja disebuah perusahaan yang bonafid merupakan idaman bagi setiap orang. Apalagi buat kamu yang sudah merencanakan sejak dini kemana kamu menentukan karir kedepannya. Setiap tahunnya ada sekitar 2 juta angkatan kerja yang baru saju lulus dari bangku kuliah. Dan seringkali peserta yang terserap untuk bekerja disebuah perusahaan tidaklah sebanyak jumlah lulusan setiap tahunnya. Tentu sebuah kompetisi akan hadir untuk menentukan posisi dimana kamu akan bekerja.

Google sebuah perusahaan teknologi yang merajai Dunia. Siapa yang tidak mau terlibat untuk menjadi bagian dari Google? Hayo jawab siapa yang tidak mau??

Pasti mayoritas dari pembaca artikel ini memiliki keinginan untuk bekerja disana walaupun hanya terbesit. Jika kamu tidak memiliki cita-cita disana, mungkin kamu sudah menemukan yang tepat dalam memilih pekerjaan.

Kembali Google, perusahaan yang memiliki budaya perusahaan “Santai tapi Serius” artinya tidak ada aturan ketat tentang jam berapa datang ke kantor, menggunakan seragam apa kekantor, atau berbagai aturan yang justru mengukung kreatifitas . Semua diberikan secara bebas kepada para karyawan google, untuk menentukan kapan dan ingin menyelesaikan apa? Berkolaborasi dengan siapa dan seperti apa? Hanya itu mungkin hal-hal yang dibutuhkan bagi seorang karyawan.

Nah walaupun disisi lain tetap harus memperhatikan performance dalam bekerja.

Dalam artikel ini akan dibahas beberapa detail bagaimana proses yang bisa kamu lakukan untuk bisa menjadi bagian dari Google.

Proses Rekruitmen

Dalam proses pencarian karyawan, google menggunakan berbagai macam Teknik untuk mencari bakat-bakat terbaik dari seseorang yang ada di belahan dunia manapun. Jika kamu ingin mendaftar salah satu langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah kamu bisa mendaftar melalui link ini https://careers.google.com. Berikut ini merupakan tampilan halaman depan portal Career Google.

Untuk melihat apa saja yang sesuai pekerjaan kamu, kamu bisa mengklik tampilan Location atau How We Hire , disana akan didapat fitur filter untuk mencari sesuai dengan kategori pekerjaan atau wilayah yang kamu inginkan.

Kemudian akan ada banyak pilihan posisi sekaligus detail dari persyaratan yang harus dipenuhi. Jika menurut kamu pekerjaan itu sudah sesuai dengan diri kamu, maka cukup mengklik tombol apply untuk mengisi beberapa form yang dibutuhkan.

Untuk gambar diatas adalah form yang bisa kamu isi untuk melamar posisi di Perusahaan Google. Bagian yang diberi kotak warna merah adalah bagian yang cukup penting untuk diperhatikan. Kita ditugaskan untuk mengirimkan satu resume hanya cukup 1 halaman yang menggambarkan diri kita dan pekerjaan yang kita lamar. Detail dari kebutuhan Resume itu bisa di buka di kolom FAQ, atau lihat gambar dibawah ini

Jika semua data sudah lengkap, baik dari resume dan data-data yang ditugaskan untuk di Isi di form, selanjutnya adalah tinggal menunggu proses rekrutmen itu berjalan.

Jika kamu layak untuk bekerja diperusahaan google, maka kamu akan dihubungi untuk wawancara melalui telepon, jika proses ini selesai dan kamu dinyatakan lolos proses selanjutnya adalah kamu diberi waktu 1 -2 bulan untuk mempersiapkan interview secara teknis. Cukup banyak yang menceritakan bahwa proses ini benar-benar melelahkan dan pertanyaan yang ditanyakan pun cukup sulit. Maka itu dibutuhkan energi serta pengetahuan yang luas untuk interview . dan berdasarkan riset Glassdoor dari 5.0 point maka google mendapatkan 3.4 Point, dan merupakan interview tersulit dari sebuah perusahaan teknologi ternama.

Berapa Rate Gaji bekerja di Google

Bicara soal Google, bicara soal Gaji juga ya…

Hal ini yang paling banyak ditanyakan. Berapa Rate Gaji di google. Sebenarnya saat ini tidak ada jumlah pasti yang bisa dijabarkan untuk poin ini. Tetapi, ada beberapa hal yang bisa kamu dapatkan dari informasi ini. Jika kamu magang, pendapatan yang bisa kamu bawa pulang adalah rata-rata mendapatkan 252.000 Dollar AS atau setara dengan Rp 3,36 milliar. Angka itu merupakan angka total yang dibawa pulang.

Untuk posisi tertentu pun juga bisa mendapatkan lebih dari nilai diatas. Untuk Senior Software Engineer mendapatkan pendapatan sekitar 312.000 Dollar AS atau setara dengan Rp 4,1 Milliar. Sementara untuk Rate Gaji terendah adalah Communication Manager sekitar 157.000 dollar AS atau Rp 2 Miliar. Walaupun terendah tetap saja angka yang fantastis bukan?

Jika kamu merasa itu terlalu tinggi masih ada yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti program Internship / Magang. Untuk rate Magang di Google itu sekitar 5678 Dollar atau setara 80 Juta perbulan.  Tetap saja angka yang menarik.

Ada yang minat??

Benefit apa yang akan didapatkan

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan kamu bekerja di Google. Berdasarkan cerita para googlers (Julukan Pekerja di google) ada 5 hal utama yang bisa didapat.

  • Makan dan Minum Gratis

Demi menunjang produktifitas, urusan perut yang satu ini sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari setiap individu, bahkan terkadang yang terjadi adalah tidak produktif karena alasan lapar. Googleplex tempat para pekerja google selain menyediakan makan siang, mereka juga menyediakan sarapan pagi dan makan malam. Hal ini dikarenakan kantor google jauh dari tempat-tempat restaurant.

Googleplex juga dilengkapi berbagai dapur-dapur kecil yagn menyediakan kopi, snack, dan minuman bagi para karyawan. Dapur-dapur itu ditempatkan berdekatan dengan ruang kerja karyawan.

  • Jaminan Kesehatan

Demi hidup yang sehat google juga betul-betul memperhatikan karyawannya. Salah satunya adalah menyediakan kolam renang dan tempat gym dilingkungan kantor Google. Untuk karyawan google yang memiliki masalah kesehatan pun bisa membuat janji dengan dokter yang siap di Googleplex.

  • Aturan main 80 / 20

Para pekerja google diberikan aturan 80 : 20, artinya para karyawan harus bekerja dengan memberikan totalitasnya sampai 80 % untuk waktu kerja di kantor untuk mengerjakan pekerjaan mereka. Dan meluangkan waktu 20% persen sisanya untuk mengerjakan proyek masing-masing. Artinya jika dalam seminggu, akan ada 1 hari penuh yang dapat mereka gunakan untuk mengerjakan proyek di luar pekerjaan utama mereka.

Google sendiri menyiapkan istilah Google Labs. Menurut Google, kebanyak teknologi canggih itu hadir dari proyek “sampingan” para karyawan dalam program 20%.

  • TechStop

adalah unit tech-support yang akan dijaga oleh para spesialis TI terbaik di Googleplex. Disana , para karyawan yang mendapat kesulitan berhubungan dengan Software dan Hardware bisa meminta pertolongan. TechStop buka 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Urusan TI sepele sekalipun akan dilayani di tempat ini, bahkan termasuk lupa membawa Charger laptop sekalipun.

  • Cuti melahirkan

Hal inilah yang paling unik. Mungkin bagi sebagian perusahaan secara umumnya memang ada cuti untuk karyawan yang melahirkan. Tapi akan sangat jarang perusahaan yang memberikan cuti bagi suami dari yang melahirkan tersebut.

Google memberikan program libur selama 6 minggu dan tetap di gaji, kepada googler laki-laki yang istrinya melahirkan. Dan memberikan jatah libur bagi googler perempuan untuk libur selama 18 minggu setelah sang anak lahir

  • Tunjangan Kematian

Google memberikan jaminan hingga karyawan itu meninggal dunia. Ketika ada karyawan google yang meninggal maka Google akan mencairkan asuransi jiwa karyawan tersebut dan memberikannya kepada keluarga yang ditinggalkan. Google juga akan membayarkan setengah dari gaji karyawan tersebut keapda suami/istrinya yang ditinggalkan hingga 10 tahun kedepan. Dan google juga memberikan kurang lebih sekitar 1000 dollar AS yang diberikan setiap bulan kepada anak-anak almarhum.

IndoGooglers adalah julukan yang diberikan bagi para pekerja yang bekerja digoogle MountView. Mereka seringkali memiliki segudang cerita mulai dari proses mereka untuk bekerja di Google, sampai hal-hal menarik selama mereka bekerja di Google. Dalam hal ini sengaja kami tidak menjabarkan disini. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca artikel di link ini.

Solusi jika kamu tidak bisa bekerja

Mungkin sebagian dari kita akan kecewa setelah perjuangan selama ini baik dari bangku Pendidikan hingga pertama kali terjun di Dunia yang sebenarnya (dunia kerja). Maka akan ada yang bahagia. Tetapi, disisi lain ada juga yang merasakan sedih. Perjuangan tidaklah semudah yang dituliskan dan tak seindah yang digambarkan.

Cukup banyak yang mencari tentang artikel “Cara bekerja di Kantor Google”, banyak juga yang menuliskan dan Bahasa lain, tetapi poinnya adalah sama. “Bekerja di Google”. Memang tidak selamanya sesuatu pekerjaan menyenangkan hanya bisa didapatkan dari Google saja. Karena pada dasarnya diluaran sana banyak perusahaan-perusahaan yang seperti google yang juga memiliki budaya perusahaan layaknya Google. Jadi bekerja di Google bukanlah sesuatu yang baku atau tujuan yang wajib dicapai. Karena poin terpenting dari ini semua adalah bagaimana proses kita bisa mendapatkan pekerjaan yang terbaik untuk kita sendiri. Jika ada pekerjaan yang memberikan layanan seperti Google. Anggaplah itu sebagai Bonus.

Nah yang menjadi masalah selanjutnya adalah bagaimana dan apa yang harus dilakukan untuk yang tidak bisa bekerja sama sekali. Kembali kebahasan paling awal. Dimana ada 2 Juta angkatan kerja yang lulus setiap tahunnya. Seringkali kelulusan itu kadang tidak dibarengi dengan pertumbuhan sebuah hardskill yang seringkali jauh dipertimbangkan oleh perusahaan.

CONTACT US

Ph. +62 21 299 66 900

Fax. +62 21 526 9587

support@inet.net.id

INET Head Office

Cyber 1 Building,

5th Floor Jl. Kuningan Barat No. 8

Jakarta 12710 – Indonesia