Sudah tahukah Website? Apa itu Website?, Bagaimana Fungsi dan Manfaatnya?

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kemajuan teknologi saat ini menjadi kemajuan yang tercepat dalam sejarah Dunia. Bagaimana tidak? Mungkin memiliki sebuah halaman Website adalah sesuatu yang mewah, dan hanya kalangan tertentu saja yang bisa menggunakan Website. Tahukah kamu?

“ Pesatnya perkembangan teknologi Informasi menjadikan teknologi itu dekat dengan setiap insan manusia. Hal ini dikarenakan semakin mudahya informasi terserap oleh masing-masing individu. Dan dari individu itu lahir sebuah peradaban teknologi baru.”

Memiliki Website merupakan keinginan banyak orang, terutama para pengusaha atau pemilik Bisnis UMKM yang mencoba mengscaleup bisnis mereka. Dan saat ini jika kamu ingin membuat Website tidak sesulit pada masa itu yang membutuhkan kemampuan untuk mengerti Bahasa Pemrograman.

Saat ini dengan bantuan Content Management Website, dan dibantu dengan theme-theme baik yang gratis maupun berbayar akan sangat membantu kamu dalam membangun sebuah Website. Kita coba kupas secara tuntas Apa itu Website? Komponennya dan bagaimana mengoperasikan Website itu sendiri dan terakhir adalah bagaimana menghasilkan uang lewat Website.

Apa itu Website?

Website merupakan sekumpulan halaman-halaman yang didalamnya terdapat berbagai data baik itu teks, gambar atau Video, ataupun gabungan dari ketiganya yang dikenal dengan istilah “Domain” dan bisa diakses melalui internet yang terhubung secara luas melalui halaman depan (Homepage) menggunakan sebuah browser, untuk mengakses halaman domain tersebut dibutuhkan sebuah URL yang langsung mengakses lokasi dari Website itu sendiri.

Sebagai contohnya adalah jika kamu mengetikkan http://inet.net.id di kolom Url yang ada di browser kamu. Maka kamu akan diarahkan kehalaman utama website ini. Berikut ini kenampakannya?

Dan yang dimaksud dari sekumpulan halaman dalam sebuah website adalah halaman-halaman yang ada diwebsite selain dari halaman depan. Kamu bisa mengklik bagian diatas banner yang berisi informasi lain seperti about us, product, atau pun yang sejenis itu.

Bagaimana Perjalanan Website hingga saat ini?

Website pertama kali diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee pada akhir tahun 1980an dan kemudian diresmikan secara online tahun 1991.

Tujuan awal dari tim adalah untuk membuat sebuah website supaya lebih memudahkan para ilmuwan yang bekerja bersamanya ketika akan bertukar atau melakukan perubahan informasi.

Lalu bagaimana gambaran website pertama kali? Jika kamu ingin melihat kamu bisa cek link ini http://info.cern.ch/. Kamu bisa melihat beberapa pilihan yang terdapat beberapa pilihan. Kamu bisa memilih bagian “browser the First Website”. Disana ada bentuk website pertama kali dibuat.

Komponen-komponen Website

Terciptanya sebuah website tidak serta merta hanya jadi begitu saja, ada beberapa komponen yang harus disiapkan jika kita ingin membangun sebuah website, Hosting, Domain.  Sebenarnya ada beberapa komponen pendukung Website tetapi untuk memudahkan dalam memahaminya saya hanya menuliskan dua komponen saja. Karena ini yang paling mendasar.

  1. Domain (Nama)

Kamu memiliki nama? Tentu sejak lahir orang tua kamu mungkin sudah memberikan nama yang baik bagi kehidupan kamu. Nah domain merupakan nama yang akan menunjukan Website kamu. Contoh lebih mudah mana membaca 192.202.168.1 atau membaca www.namakamu.com?

Tentu kamu akan lebih mudah membaca yang kedua kan? Yang pertama adalah IP address, sedangkan yang kedua adalah Domain. Jadi menentukan nama domain untuk Website kamu merupakan suatu keharusan.

  1. Hosting

Tahukah kamu apa itu hosting? Jika belum kamu bisa cari tahu lebih lanjut lagi. Saya akan jelaskan apakah itu hosting secara sederhana. Pada dasarnya hosting adalah tempat penyimpanan. Dimana kita menyimpan semua data-data website mulai dari Gallery foto hingga akses user dan password website kamu. Tanpa hosting kamu akan kesulitan untuk menaruh website anda. Ada beberapa jenis hosting yang bisa kamu gunakan untuk membangun website idaman kamu.

Ada Self Hosting, ada Shared Hosting. Analoginya seperti sebuah bangunan adalah dengan self hosting kamu bisa mengotak-ngatik berbagai furniture, ruang utama¸dsb. Sedangkan untuk Shared  hosting ibarat kamu tinggal di petakan-petakan kos yang tidak sembarang kamu merubah-rubah sesuai dengan keinginan kamu.

Jadi gunakan selfhosted ya, untuk membangun website kamu. kamu bisa beli dengan partner kami yang sudah lama bekerja sama.

Beberapa Jenis Website

Website bisa dikategorikan menjadi beberapa hal, ada website yang digunakan untuk menggambarkan keadaan perusahaan, ada website yang digunakan untuk kegiatan jual beli, ataupun juga ada website yang digunakan untuk menceritakan keadaan pribadi.

Perbedaan-perbedaan ini tentu kedepannya akan menentukan langkah apa yang bisa diambil dalam melakukan perawatan Website itu sendiri.

  • Website Personal

Website personal adalah website yang sengaja dibuat untuk lebih memperkenalkan diri kita ke dunia luar, sebagian website personal juga menekankan personal branding. Tentang Siapa, dan apa yang didapat dengan mengunjungi website itu

Pertanyaan selanjutnya adalah, seberapa penting dalam membuat Website Personal? Semua kembali kepada masing-masing Indvidu, ada yang berasumsi bahwa dengan membangun website personal akan memudahkan kita dalam menampilkan portofolio diri, tetapi sebagian lagi mengatakan diri kita akan mudah dilihat banyak orang dan akan memiliki hidup yang terpantau oleh orang lain. (alasan ini menurut saya wajib ditinggal ya).

Sebenarnya ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan memiliki Website Personal. Maka dari itu rekomandasi saya adalah dengan memiliki Websiter Personal jauh lebih memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding yang lain.

  • Website Company Profile

Jika dilihat dari judulnya sudah cukup jelas, bahwa website Company Profile adalah website yang menggambarkan tentang profil sebuah perusahaan. Mulai dari Visi dan Misi hingga produk-produk yang disediakan oleh perusahaan itu sendiri.

Berdasarkan data yang didapatkan dari (APJII) pada tahun 2014 pengguna internet di Indonesia telah mencapai angka 88,1 juta. Ketika sebuah perusahaan belum memiliki Website Company Profile, maka secara tidak langsung perusahaan akan kehilangan berbagai peluang bisnis.

  • Website Toko Online

Siapa yang tidak tahu tentang Website berbasis toko online. Sebenarnya cukup banyak website yang menggunakan basis seperti toko Online. Tetapi, biasanya hanya beberapa yang memiliki nama besar. Sudah tahu kan brand-brand besar di Dunia Toko Online? Mereka semua  

  • Website Blog

Website yang satu ini adalah website yang cukup simple untuk dibuat, tidak ada hal-hal yang perlu dirumitkan untuk membuat website seperti ini. Yang terpenting untuk Website yang berbasis blog seperti ini adalah rajin untuk mengupdate atau memposting Artikel. Semakin rajin untuk mengupdate dan selalu memberikan sesuatu yang bermanfaat. Dan tentu karena menekankan kepada manfaat, dengan sendirinya pertumbuhan akan pembaca dari blog ini akan terus bertumbuh.

  • Forum

Forum adalah website yang yang difungsikan  untuk saling berkomunikasi antar seseorang di belahan dunia yang lain, yang dimana di tempat itu, diisi oleh orang-orang tertentu yang memiliki minat yang sama.

Manfaat Membuat Website

Berbicara soal manfaat, pada dasarnya ada cukup banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan website. Jika kamu adalah seorang Professional dengan menggunakan website, kamu bisa membangun reputasi Diri. Kemudian disisi lain website juga bisa menjadi sarana untuk menyalurkan hobi. Terutama untuk kamu yang menyukai kegiatan atau hobi tulis menulis. Untuk lebih lengkapnya adalah sebagai berikut

  1. Manfaat Website Bagi Personal

Nama kamu tentu akan mudah terindex di Google, ada banyak nama yang sama di Dunia ini, tetapi kekuatan nama bisa ditunjang jika kamu memiliki website. dari sisi Branding, kamu bisa menjual nama kamu (memperkenal) siapa kamu sebenarnya, dan produk apa yang kamu miliki, atau jasa apa yang kamu tawarkan

  1. Manfaat Website Bagi Perusahaan

Bagi sebuah perusahaan Website merupakan salah satu cara untuk mengedukasi Produk yang dimiliki perusahaan tersebut. Website ini biasanya dikategorikan sebagai jenis Website Company Profile

  1. Manfaat Website secara umum

Mencari informasi adalah kegiatan menarik bagi kebanyakan orang, baik itu informasi traveling, kursus, atau keahlian bidang tertentu. Dan untuk jenis website ini biasanya website yang berbasis Blog.

  1. Manfaat Website Membeli sesuatu.

Saat ini seringkali rasa malas untuk datang atau pergi kesuatu tempat untuk berbelanja dihinggapi para kaula muda, bahkan hingga orang tua mereka. Hal itu dikarenakan kemudahan informasi komunikasi dan teknologi sangatlah mudah. Setiap orang bisa membeli sesuatu hanya dari rumah. Website yang seperti ini merupakan website yang berbasis dari website E-commerce .

  1. Manfaat Website sebagai media diskusi.

Kamu memiliki masalah? Dan bingung untuk bertanya dimana? Dulu sebelum ditemukan teknologi secanggih ini. Untuk menanyakan sesuatu kita akan menghubungi atau bahkan mendatangi orang yang dianggap ahli. Saat ini, seringkali para ahli itu berkumpul di dalam suatu komuniitas untuk berbagi ilmu yang dimiliki. Dengan menggunakan Website yang berbasis Forum, itu akan memudahkan pengguna dalam mencari Informasi sesuai dengan hobi yang sudah ditekuni.

 Kesimpulan

Sudah paham kan “apa itu website?”. Pada dasarnya Website merupakan platform yang bisa digunakan untuk memperkenalkan baik bisnis, kegiatan, keahlian, atau bahkan hanya sekedar untuk menyalurkan hobi saja. Terlepas dari definisi website itu sendiri. Hal yang paling penting dari itu adalah tujuan membangun Website apa?, kemudian apa yang dilakukan untuk merawat Website itu sendiri.

Hingga pada akhirnya website yang kamu miliki bisa masuk halaman pertama google, dan akan meningkatkan konversi penjualan, ataupun mendatangkan traffic yang diinginkan. 

 

CONTACT US

Ph. +62 21 299 66 900

Fax. +62 21 526 9587

support@inet.net.id

INET Head Office

Cyber 1 Building,

5th Floor Jl. Kuningan Barat No. 8

Jakarta 12710 – Indonesia